Pendekatan, Cara Guru SLB Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus
pendekatan cara guru slb mendidik anak berkebutuhan khusus
“Pentingnya membangun suasana komunikatif dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Kita perlu melakukan pendekatan yang baik dengan mereka, dekat dan memiliki komunikasi yang baik. Ketika kita sudah memiliki hubungan yang erat dan penuh kepercayaan, mereka akan merasa nyaman untuk mencari kita dan bercerita mengenai pengalaman mereka,” jelas Ida Rama saat ditemui di Medan, pada Sabtu (13/1/24).
Guru seni tari ini juga menekankan bahwa prinsip tersebut tidak hanya berlaku untuk murid-murid di SLB, tetapi juga untuk murid-muridnya di sekolah sekolah.
Selain itu, Ida Rama juga berbagi pengalamannya menemui kasus penolakan atau pengabaian dari keluarga terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Ada orangtua yang tidak menginginkan anaknya, karena berkebutuhan khusus.
“Bahkan ada orangtua yang merasa ‘malu’ memiliki ‘anak seperti itu.’ Saya pernah menghadapi kasus di mana orang tua lepas tangan terhadap anaknya. Saat ditanya perkembangan anak di rumah, mereka acuh tak acuh. Ini menciptakan tantangan bagi perkembangan anak,” jelas Ida yang juga aktif di komunitas Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS) di Medan.
Ida Rama menyoroti peran keluarga dalam keberhasilan anak-anak berkebutuhan khusus, dengan keyakinannya bahwa keberhasilan seorang anak sejati dimulai dari pondasi kuat keluarga.
Menurutnya, penerimaan sepenuhnya dari keluarga menciptakan kondisi mental yang optimal bagi perkembangan anak, diiringi dengan pendidikan agama yang baik untuk membentuk kesopanan dan memberikan dampak positif pada pencapaian prestasi anak.
“Menerima anak sepenuhnya menciptakan kondisi mental yang baik, diiringi dengan pendidikan agama yang baik, menciptakan kesopanan, dan berdampak positif pada prestasi anak,” pungkasnya. (hutajulu/hm17)
PREVIOUS ARTICLE
Jaga Mood, Modal Penting Guru SLB Mendidik Anak