25.1 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

BBI Rambung Merah Fokus Kembangkan Benih Ikan Nila

Simalungun, MISTAR.ID

Produksi benih ikan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Rambung Merah di Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun pada bulan Februari tahun 2024 mencapai 30.000 ekor.

“Produksi di sini sama seperti Desember tahun lalu. Ini mengingat dalam sebulan produksi benih ikan mencapai 30.000 ekor,” ujar Kepala UPT BBI Rambung Merah, Humala Manik kepada mistar.id, Jumat (9/2/24).

Ia menjelaskan, berbagai jenis ikan yang dibudidayakan meliputi ikan mas dan ikan nila, dengan memiliki suhu udara pada kisaran 26-36°C, ph air berkisar 7-8 dan luas areal balai benih kurang lebih 8 hektar.

Saat ini BBI Rambung Merah tengah fokus mengembangkan benih ikan nila untuk memenuhi kebutuhan pasar. Benih dimaksud banyak diminati karena memiliki berbagai keunggulan, salah satunya pertumbuhannya lebih cepat dan dapat dipanen dalam waktu hanya 3 bulan.

Baca juga:Tangani Masa Kempes Telur Ikan, Ini Strategi BBI Rambung Merah

Menurut dia, proses pemijahan dilakukan pihaknya telah sesuai sertifikasi pembenihan ikan yang baik. “Itu mulai dari memelihara induk, menelurkan sampai menjadi benih,” pungkas Humala.

Sedangkan untuk pendistribusian benih, pihaknya menyasar kelompok pembudidaya ikan, institusi, lembaga dan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang melaksanakan pembudidayaan ikan, dengan verifikasi dari pegawai penyuluh perikanan, serta pengesahan pejabat pemerintah daerah yang berkaitan. (abdi/hm16)

Related Articles

Latest Articles