7.6 C
New York
Friday, April 26, 2024

Warga Medan Posisi Ketiga Terbanyak Wisatawan ke Singapura

Medan, MISTAR.ID

Januari hingga Juni 2022, Indonesia menyumbang jumlah pengunjung internasional tertinggi dengan 282.000 pengunjung, melampaui India, Malaysia, Australia dan Filipina.

Secara global, Singapura mencatat 1,5 juta kedatangan pengunjung pada paruh pertama tahun 2022, hampir 12 kali lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021 (119.000).

“Medan sendiri menempati posisi ketiga untuk kunjungan terbanyak dari Indonesia ke Singapura, setelah Jakarta dan Surabaya. Posisi keempat ditempati Bandung dan kelima Batam,” kata Area Director Singapore Tourism Board (STB) untuk Indonesia Mohamed Firhan Abdul Salam, Kamis (8/9/22).

Baca Juga:Warga Singapura Laporkan Pria  Warga Kota  Medan ke Poldasu

Melalui rangkaian kegiatan B2B (business to business) Tabletop Networking yang dilakukan di Medan, pihaknya juga mengampanyekan ‘SingapoReimagine’. Kampanye ini akan dilanjutkan ke Kota Jakarta, Surabaya, Bali, Medan, Makassar dan Pekanbaru.

Kegiatan ini lanjutnya, merupakan wujud apresiasi STB atas dukungan dari para mitra dan stakeholder yang telah memegang peranan penting dalam pemulihan wisata Singapura.

Kemudian untuk menciptakan wadah yang mempertemukan para mitra dari Singapura, seperti hotel, atraksi wisata, Destination Management Company (DMC), cruise liners, enrichment providers, dan Changi Airport dengan para agen dan asosiasi perjalanan dari Indonesia.

Baca Juga:Juni 2022, Sumut Dikunjungi 5.165 Wisatawan Manca Negara

“Penerimaan pariwisata (TR) kami mencapai sekitar S$1,3 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Perkembangan yang baik ini merupakan hasil dari skema Vaccinated Travel Framework (VTF) yang diumumkan April 2022. STB memperkirakan kedatangan pengunjung internasional (IVA) 2022 sebanyak 4 hingga 6 juta orang dibantu momentum peringanan pembatasan perjalanan,” jelasnya.

Disebutkannya, dengan dibukanya perbatasan antara kedua negara (Singapura-Indonesia), pihaknya bekerja sama secara erat dengan para mitra untuk meningkatkan angka pertumbuhan kunjungan wisata serta menjadikan Singapura sebagai destinasi pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Agen dan asosiasi perjalanan tetap memegang peranan penting dalam ekosistem tersebut dan pihaknya akan terus membina hubungan baik untuk membuka peluang perjalanan leisure, MICE maupun fly cruise.

Baca Juga:Mini Soccer U-16 International Tournament Kota Medan Bakal Diikuti Jepang, Malaysia dan Singapura

STB mengenal beragam cara yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam mempertimbangkan dan memesan perjalanan wisata. Oleh sebab itu, selain bekerja sama dengan para agen perjalanan konvensional, kami juga menciptakan berbagai kemitraan regional seperti dengan Klook, Agoda, Traveloka dan AirAsia.

“Kami akan terus mencari peluang dan bekerja sama dengan platform serupa untuk menarik minat wisatawan Indonesia dengan menyoroti hal baru dan unik di Singapura,” pungkasnya. (anita/hm14)

Related Articles

Latest Articles