6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Dinikahi Kaesang, Erina Gudono Pakai Kebaya Putih dan Alis Seperti Tanduk Rusa

Yogyakarta, MISTAR.ID

Akad nikah Kaesang Pangerap dan Erina Gudono berlangsung di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/22). Untuk momen spesial tersebut, Erina berbalut kebaya putih rancangan Biyan Wanaatmadja.

Nuansa putih dan keemasan menjadi tema warna utama bagi keluarga inti kedua calon mempelai. Presiden Joko Widodo, sebagai ayah Kaesang, memakai beskap putih jacquard dengan sentuhan emas yang dipadu sindur jumputan merah-putih. Ibu Negara Iriana tampil dalam balutan kebaya kutubaru berbrokat emas lengkap dengan sanggul tradisional.

Adapun Kaesang, sang calon pengantin pria, memakai beskap putih dengan detail bordir yang mengkilap. Terlihat mewah tanpa berlebihan. Gaya putra bungsu Jokowi ini dilengkapi perhiasan seperti bros dan kalung panjang yang memberi aura sultan kekeratonan.

Baca Juga:Ini Makna Mahar Rp300 Ribu Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Mereka masuk ke pendopo dan disambut keluarga Gudono yang berbalut busana senada. Allen Gudono, kakak pertama Erina sekaligus walinya, memakai beskap putih jacquard dengan jarik truntum dan blankon senada.

Setelah seluruh anggota keluarga berada di Pendopo, tiba giliran Erina menyusul dengan menggunakan kereta berkuda. Ia didampingi, kakak dan adik perempuannya.

Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 itu bak putri keraton dalam balutan kebaya putih panjang. Menurut informasi dari Pengantin Production selaku wedding organizer, kebaya akad nikah dirancang oleh desainer ternama Biyan Wanaatmadja.

Baca Juga:10.800 Personel Gabungan Kawal Pernikahan Kaesang-Erina

Pilihan paes yang tadinya masih menjadi misteri, akhirnya terungkap juga. Erina Gudono menjatuhkan pilihan pada paes ageng ala Yogyakarta. Riasan pengantin ini memiliki ciri khas alis bak tanduk rusa.

Riasan Erina merupakan kolaborasi makeup artist Bennu Sorumba dan perias pengantin tradisional Mamuk Rahmadona.

“Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut, dibayar tunai,” ucap Kaesang di depan saksi dan kakak Erina yang menjadi wali nikah.

Baca Juga:Kaesang Kesal dan Stres Jelang Nikahi Erina

Setelah mengucap ijab kabul, Kaesang kemudian melirik kepada penghulu dan saksi. Adapun, saksi pernikahan yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Mensesneg Pratikno. Sejumlah menteri juga menghadiri acara sakral ini. Tidak ketinggalan selebriti seperti Raffi Ahmad dan Desta Mahendra.

Setelah ijab kabul, prosesi berlanjut dengan pemberian mahar dan cincin perkawinan. Kemudian, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberi nasehat pernikahan.

Acara dilanjutkan dengan panggih pengantin, di mana ada penyerahan pisang sanggan, kembar mayang, balangan gantal, sesuci samparan, wiji dadi, bubak kawah rucat degan, tampa kaya, dhahar klimah, methuk besan, pangabekten/sungkeman hingga bedholan pengantin. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles