22.4 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Hindari Calo, BPJS Kesehatan Luncurkan Pelayanan Pandawa

Medan, MISTAR.ID

Demi meningkatkan layanan dan kepuasan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan melakukan terobosan dan inovasi baru, salah satunya dengan menghadirkan Pelayanan Administrasi melalui Whatssap (Pandawa). “Jadi, jika masyarakat ingin mengurus administrasi JKN-KIS, daripada datang ke kantor BPJS Kesehatan, apalagi di saat pandemi saat ini, alangkah lebih baik pakai Pandawa saja dan pastinya terhindar dari calo,” sebut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, Sari Quratul Aini, Kamis (24/3/22).

Dijelaskan Sari, Pandawa merupakan singkatan dari Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp. Dengan Pandawa peserta akan terhubung dengan admin yang ada di Kantor Cabang dan peserta dapat mengurus administrasi JKN-KIS hanya dengan chat melalui WhatsApp.

“Nah, melalui Pandawa, peserta bisa mendapatkan berbagai pelayanan yang biasanya didapat di Kantor Cabang seperti daftar Peserta Baru, Tambah Anggota Keluarga, Daftar Bayi Baru Lahir, Ubah Jenis Kepesertaan, Ubah Data Identitas, Ubah Data Golongan & Gaji, Ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP), Penonaktifan Peserta Meninggal, Perbaikan Data Ganda dan Pengaktifan Kembali Kartu. Pandawa ini beroperasi setiap hari Senin-Jumat Pukul 08.00-15.00 waktu setempat,” ungkapnya.

Baca juga: TNI Siap Bantu BPJS Kesehatan Jadi Sumber Informasi JKN-KIS

Terpisah, salah seorang peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) asal Medan bernama Elvi mengatakan sangat terbantu dengan adanya pelayanan Pandawa karena hanya cukup mengakses Whatsapp untuk mendapatkan layanan di BPJS Kesehatan. “Saya nggak perlu menunggu lama lalu ada petugas yang membalas untuk memberikan jawaban. Urusanku jadi beres tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Harapanku BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS,” sebutnya.

Ditambahkan Sari lagi, untuk Kantor Cabang Medan pada Tahun 2021 sudah melayani peserta melalui Pandawa sebanyak 61.185 peserta, sedangkan pada Tahun 2022 bulan Januari sebanyak 9.162 peserta dan Februari sebanyak 7.055 peserta. “Setiap hari Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan membuat pengumuman melalui pengeras suara agar masyarakat menghindari calo dan melakukan pengurusan langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau dengan menggunakan Pandawa,” bebernya.

Begitupun, masyarakat harus lebih berhati-hati dan tidak tertarik dengan tawaran kemudahan pendaftaran dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Sistem pendaftaran dan pembayaran JKN-KIS sangat mudah, sehingga tidak diperlukan pengurusan melalui perantara (Calo), masyarakat tidak harus ke kantor BPJS Kesehatan, masyarakat bahkan bisa mendaftar melalui Pandawa. “Begitu juga dengan pembayaran, peserta bisa melakukan pembayaran di bank, ATM. Selain itu pembayaran iuran juga dapat dilakukan di mini market dan kantor pos terdekat,” tutup Sari. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles