22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

6 Cara Cerdas Menghadapi Rekan Kerja yang Jahat

MISTAR.ID

Pekerjaan di kantor sudah cukup membuat stres tapi kita juga harus menghadapi rekan kerja yang bermusuhan atau kejam. Seringkali Anda akan menemukan diri Anda berada di antara rekan kerja yang terlihat cemburu, kejam atau bahkan agresif. Sangat sulit untuk tetap bersahabat dengan orang-orang seperti itu.

Bersedia atau tidak, mereka merupakan orang-orang yang harus Anda temuai dan terlibat setiap harinya. Berikut beberapa cara yang mungkin bisa membantu Anda mengurangi sedikit kekesalan Anda

Bersikaplah tegas dengan cara Anda menangani masalah tersebut. Kapan pun Anda menghadapi situasi di mana kolega Anda bersikap agresif atau jahat, bersikaplah tenang dan jangan membalas dengan permusuhan.

Itu bisa jadi hal terburuk untuk dilakukan. Tenangkan diri Anda dan bicaralah dengan sopan. Tegas dengan kata-kata Anda dan beri tahu mereka dengan sopan untuk berbicara kepada Anda dengan baik, alih-alih memperburuk masalah.

Baca juga: Ini 5 Tips untuk Menambah Panjang Rambut Anda

Introspeksi perilaku Anda sendiri. Coba analisis perilaku Anda sendiri sebelum melabeli rekan kerja Anda sebagai seseorang yang tidak menyenangkan. Pikirkan apakah tindakan atau komentar Anda telah membuat situasi menjadi lebih buruk dari yang sebenarnya.

Pertimbangkan lingkungan kerja Anda, jika Anda ingin mengutarakan pendapat dengan percaya diri, lakukanlah, tetapi dengan cara yang ramah dan profesional. Beri orang lain kesempatan untuk berbicara dan bersikap ramah setelah setiap percakapan.

Sesekali lakukanlah basa-basi. Sesekali, bawakan rekan kerja Anda kopi atau ajak mereka makan siang. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memberi tahu mereka bahwa Anda berusaha bersikap ramah dan tidak kompetitif. Ini memberikan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Ditambah lagi, mereka perlahan akan berhenti menganggap Anda sebagai musuh.

Jaga hubungan profesional. Jika usaha Anda sia-sia, cukuplah dengan menjaga hubungan profesional yang sangat tegas dan jelas. Jangan mencoba bersikap ramah atau memaksimalkan upaya Anda dengan harapan bisa berbicara bebas dengan mereka suatu hari nanti.

Baca juga: Tips Melindungi Bayi Anda yang Baru Lahir di Saat Pandemi Covid-19

Ini perlahan bisa berubah menjadi racun bagi Anda, jadi yang terbaik adalah pikirkan alasan profesional saja. Bicaralah dengan mereka hanya saat diperlukan dan jangan terlibat dalam aktivitas di luar pekerjaan.

Jangan pernah bergosip. Jauhi rumor atau gosip yang tidak berarti tentang orang lain. Ini mungkin terlihat menyenangkan tetapi merupakan salah satu aspek paling berbahaya dari lingkungan kerja yang beracun. Jadi, kecuali jika Anda juga ingin jatuh ke dalam ‘lingkaran gosip’ di ruang kantor, jauhi orang-orang yang suka bergosip. Juga, tolak dengan tegas ketika seseorang bersikeras untuk berbagi atau menanyakan sesuatu tentang orang lain.

Mintalah nasihat dari atasan. Jika tidak ada yang berhasil, dan kolega Anda masih berusaha mempersulit Anda selama jam kerja, maka Anda harus berkomunikasi dengan manajer atau atasan Anda.

Cara terbaik yang mungkin dilakukan adalah melaporkan ke bagian HR dan mendiskusikan apa yang mengganggu Anda. Meminta bimbingan tidak akan membuat Anda terlihat lemah, tetapi akan membimbing Anda untuk melakukan hal yang benar dan juga akan membuat Anda bekerja dengan perasaan damai.(ToIWork/ja/hm07)

Related Articles

Latest Articles