8.5 C
New York
Friday, October 11, 2024

Akhir Pekan ini, Investor Tunggu Kepastian Stimulus Jumbo di China US$283 Miliar

Jakarta, MISTAR.ID

China diprediksi akan menggelontorkan stimulus fiskal baru sebanyak 2 triliun yuan atau setara US$283 miliar. Dana jumbo ini seiring dengan upaya pemerintah setempat dalam menopang ekonomi dan meningkatkan kepercayaan.

Sejumlah investor dan analis menyebut, dana tersebut kemungkinan akan diperoleh pemerintah setempat dengan menjual lebih banyak obligasi pemerintah seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (11/10/24).

Berdasarkan survei Bloomberg terhadap 23 pelaku pasar, kabar tersebut kemungkinan diumumkan secepatnya pada hari Sabtu (12/10/24) oleh Menteri Keuangan China, Lan Fo’an.

Baca juga : Menteri Investasi Beberkan Investor Asing Baru Masuk ke IKN

Di luar jumlah paket fiskal apa pun, target dukungan akan menunjukkan ke arah mana pemerintah akan mengarahkan perekonomiannya setelah bertahun-tahun melakukan ekspansi yang didorong oleh utang melalui investasi, khususnya di bidang real estate dan infrastruktur.

“Stimulus ini harus bersifat multi-tahun dan menyasar rumah tangga dan bukan memulai kembali kisah pertumbuhan yang didorong oleh investasi real estat. Yang penting adalah fokus stimulusnya, bukan ukurannya,” kata Pushan Dutt, profesor ekonomi di INSEAD.

Adapun pemerintah China akan menggelar konferensi pers akhir pekan pada Sabtu besok yang akan memperkenalkan langkah-langkah untuk memperkuat kebijakan fiskal.

Related Articles

Latest Articles