16.9 C
New York
Wednesday, October 9, 2024

Bakamla Tangkap Kapal Tanpa Dokumen Lengkap Bawa 11.013 Metrik Ton Bijih Nikel

Jakarta, MISTAR.ID

Bakamla RI menangkap kapal berbendera Indonesia TB Sinar Putra 23/TK yang membawa muatan 11.013 metrik ton bijih nikel di perairan Tanjung Sampara, Sulawesi Tenggara. Kapal tersebut ditangkap saat KN Gajah Laut-404 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla Agus Tri Haryanto sedang melaksanakan patroli.

Bakamla RI dalam keterangannya dilansir,Rabu (10/10/24), menyebut Kapal TB Sinar Putra 23/TK ditangkap pada posisi 03⁰ 50′ 336″ S – 122⁰ 31′ 579″ T dengan dugaan pelanggaran hukum di bidang pelayaran.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal tersebut beroperasi dengan dokumen yang tidak lengkap. Perkara ni selanjutnya diserahkan kepada penyidik Lanal Kendari.

Baca Juga : Kapal Bom Marak di Perairan Pantai Barat, Aparat Terkesan Tutup Mata

Kapal diserahkan kepada Pasops Lanal Kendari, Mayor Laut (P) Yalesseto Waluyanto, untuk dilakukan penyidikan dan proses hukum lebih lanjut. Penyidikan sebagaimana tercantum dalam Berita Acara Nomor: BA-12/HK.05.01/UPH/BAKAMLA/X/2024

Keberhasilan penangkapan ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan Bakamla RI dalam menjaga keamanan dan penegakan hukum di perairan Indonesia.

Bakamla RI juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang solid dari Lanal Kendari dalam penanganan perkara ini. Keberhasilan ini menjadi wujud nyata sinergi dalam menjaga kepatuhan hukum dan keselamatan pelayaran di wilayah yurisdiksi Indonesia. (dtc/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles