19.1 C
New York
Wednesday, September 18, 2024

719 KTP Elektronik Dibagikan pada Pelajar Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Susanti Dewayani menyerahkan secara simbolis Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kepada siswa-siswi usia pemula di SMA Negeri 4, Jalan Pattimura, Rabu (18/9/24).

Ada 719 keping e-KTP yang dibagikan kepada siswa-siswi SMA/SMK di Kota Pematangsiantar.

Susanti dalam sambutannya mengatakan, masa SMA adalah masa paling indah, hanya ada 2 yang dirasakan, yaitu senang dan sangat senang. Sebab itu, ia meminta kepada pelajar agar memanfaatkan masa-masa indah dan senang untuk mengukir masa depan.

Baca juga:1.834 Warga Deli Serdang Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik

Di masa SMA, kata dia, anak-anak mengalami sweet seventeen. Usia 17 tahun artinya anak-anak sudah beranjak dewasa, telah mulai bertanggung jawab, dan mampu membedakan yang baik dan tidak baik.

Di usia 17 tahun juga, sambung Susanti sudah harus memiliki identitas diri berupa KTP, yang sekarang disebut e-KTP. Selain sebagai identitas diri, KTP bisa digunakan untuk urusan administrasi, seperti mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM), perbankan, dan mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dikatakan, untuk mendapatkan KTP bisa mendaftar di Kantor dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Namun saat ini, Disdukcapil pro aktif, dengan menjemput bola ke sekolah-sekolah agar siswa-siswi yang berusia 17 tahun bisa langsung direkam untuk pengurusan e-KTP.

Susanti menyampaikan, terkait Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang siswa-siswi yang belum terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) bisa menggunakan KTP Elektronik untuk menggunakan hak pilih.

Baca juga:Pemkab Simalungun Bakal Buka 10 Lokasi Lagi Untuk Perekaman KTP Berbasis Elektronik

“Cukup tunjukkan e-KTP, dan bisa gunakan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kemudian, coblos calon pimpinan yang menurut kalian cocok dan tepat untuk memimpin Kota Pematangsiantar,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pematangsiantar, Lintong Sirait mewakili para kepala sekolah (kepsek) mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar yang telah proaktif mendata siswa-siswi untuk mendapatkan e-KTP.

“Pendataan diri itu penting. Satu data secara online,” sebutnya.

Usai acara, Kepala Disdukcapil, Sri Ulinasari Girsang mengatakan, pengurusan e-KTP gratis baik yang dijemput bola maupun yang datang langsung ke Kantor Disdukcapil.

Baca juga:Lansia dan Warga yang Sakit Bisa Buat e-KTP di Rumah

“Kami setiap hari ke lapangan menjemput bola untuk menyelesaikan e-KTP bagi pemula. Masih ada lagi yang akan disalurkan, dan ini berkesinambungan,” ucapnya. (jonatan/hm16)

Related Articles

Latest Articles