18.4 C
New York
Friday, September 13, 2024

Sungai Deli Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

Medan, MISTAR.ID

Ratusan unit rumah di aliran Sungai Deli terendam banjir, pada Jumat (13/9/24) dini hari.

Warga yang bermukim di seputaran sungai pun mendadak terjaga dari tidurnya, dan menyelamatkan barang-barang berharga dari rumahnya. Banjir yang melanda rumah warga itu mencapai ketinggian 1 meter lebih.

“Dari tadi malam sekira jam 1 air mulai naik,” tutur Hakim kepada mistar.id.

Baca juga:Banjir Setinggi 3 Meter Rendam 140 Rumah di Serbelawan, Tidak Ada Korban Jiwa

Dikatakan pria yang tinggal di Jalan Brigjen Katamso Gang Alfajar itu, dirinya dibangunkan warga lain saat air mulai memasuki rumah warga.

“Kalau sudah naik air, ada aja yang teriak banjir. Makanya kita bangun langsung nyelamatin barang-barang,” ucapnya.

Menurut Hakim, banjir kali ini terbilang kecil. Saat banjir besar melanda seluruh rumah di kawasan tersebut akan tenggelam.

“Kalau besar nggak nampak bentuk rumah, tenggelam. Warga ngungsi semua ke atas sana,” lanjutnya.

Baca juga:Newsroom: Ribuan Rumah Warga Terendam Banjir di Binjai

Dijelaskannya, banjir di kawasan pemukiman padat di Jalan Brigjen Katamso sudah menjadi rutinitas tahunan bagi warga. Sedikitnya ada 3 gang yang menjadi langganan banjir di kelurahan Sungai Mati yakni, Gang Alfajar, Gang Merdeka, dan Gang Bidan.

“Sudah biasa, kalau dulu setahun sekali. Kalau sekarang setahun mau 2 atau 3 kali. Banyak gang yang terendam, tapi yang paling parah ketiga gang ini lah,” ungkapnya.

Banjir mulai surut saat pagi menjelang. Para pemilik rumah pun memilih bolos bekerja untuk membereskan rumah mereka dari sisa-sisa air banjir.

“Minta izin lah, kalau nggak rumah kayak kapal pecah. Belum lagi ngangkat barang-barang yang kami ungsikan di rumah tetangga yang berlantai 2,” tutup Hakim. (putra/hm16)

Related Articles

Latest Articles