18.4 C
New York
Tuesday, September 10, 2024

Proyek Tol Tebing Tinggi-Siantar Tersisa 10 Km, Target Rampung Akhir Tahun

Simalungun, MISTAR.ID

Progres dari pembangunan jalan tol di Sumatera Utara (Sumut) kini mulai menampakkan geliatnya. Dimana dengan adanya jalan tol ini, masyarakat akan lebih muda lagi bepergian ke Medan dan juga ke Danau Toba melalui akses jalan tol.

Direktur Hutama Karya, Budi Harto, mengatakan bahwa yang jelas dengan dibangunnya Gerbang Tol Sinaksak ini akan memangkas jarak tempuh dari Tebing Tinggi hingga ke Parapat, Danau Toba.

“Adapun panjang jalan tol dari Tebing Tinggi hingga ke Sinaksak sepanjang 45,7 km, yang diresmikan hari ini adalah ruas 3 dan 4 dan menyisakan 10 km lagi menuju Kota Pematangsiantar. Nantinya pintu tolnya di Simpang Pane,” ujar Budi Harto, Selasa (10/9/24).

Baca juga: Tol Sinaksak Diresmikan, Tarif Gratis Selama 14 Hari

Sementara itu, Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, juga menyampaikan bahwa untuk ruas jalan tol yang telah rampung itu dari Tebing Tinggi menuju ke Parapat dan juga Tebing Tinggi menuju Kuala Tanjung. Sehingga pihaknya menyebutkan “Kutepat”. Kuala Tanjung, Tebing Tinggi dan Parapat.

“Terkait seksi 5 dan 6 yang menuju ke Parapat masih akan menunggu kebijakan dari pemerintah. Untuk 10 km menuju Kota Pematangsiantar akan rampung pada tahun ini juga,” ujarnya lagi.

Disampaikan Dindin Solakhuddin lagi, jalan tol yang menuju Pematangsiantar akan dirampungkan pada tahun ini agar akses masyarakat lebih mudah lagi.

“Tahun ini kita rencanakan sudah bisa dioperasionalkan. Tinggal menyisakan dua bidang tanah yang masih disempurnakan lagi administrasinya. Bulan ini akan kita selesaikan,” ujarnya. (hamzah/hm25)

Related Articles

Latest Articles