15.2 C
New York
Sunday, October 6, 2024

LKBH Sumatera Miliki Kantor Baru dan Berharap Semakin Maju

Tapteng, MISTAR.ID

Parlaungan Silalahi meresmikan kantor barunya Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) Sumatera, di Jalan Raja Junjungan Lubis, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), pada Jumat (6/9/24).

Namun peresmian kantor barunya itu dilaksanakan secara sederhana saja. Pengacara kondang itu justru lebih memilih melakukan bakti sosial (baksos) ke Yayasan Panti Rehabilitasi Batu Hidup Kemenangan di Desa Sipange, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapteng.

Parlaungan datang membawa bantuan sembako didampingi istri dan anaknya bersama jajaran pengurus DPP LKBH Sumatera, juga tim pengacara di lembaga yang dia pimpin.

Baca juga:Sulit Akses e-Materai CPNS, Warga Medan Padati Kantor Pos

Kedatangan Parlaungan dan rombongan disambut pengurus Yayasan Panti Rehabilitasi Batu Hidup Kemenangan bermarga Pardede didampingi istri, Nelly Ana Purba. Keduanya tampak gembira menyambut kunjungan sosial itu.

Di kesempatan itu, Parlaungan dan rombongan sempat melihat kondisi warga alami gangguan jiwa yang sedang dirawat di sana.

“Kehadiran LKBH di sini karena adanya pembukaan kantor baru kami di Pandan. Kami berharap, semoga LKBH Sumatera semakin maju agar bisa saling memberikan perhatian. Bantuan ini tidak seberapa, namun doakan kami agar ke depan bisa semakin maju,” ucap Parlaungan.

Nelly didampingi suaminya menerangkan, Yayasan Panti Rehabilitasi Batu Hidup Kemenangan dibuka sejak tahun 2018, sebelumnya beralamat di Sibuluan, tepatnya di belakang SMK Negeri 3 Sibolga, namun sudah ada 2 tahun pindah di tempat saat ini, dan sekarang milik sendiri.

Dia juga berharap, bantuan dari berbagai pihak untuk membantu meringankan perawatan warga yang mereka rawat.

Baca juga:Diresmikan Wabup Asahan, Desa Hessa Air Genting Miliki Kantor Baru

“Untuk kebutuhan para penghuni rehabilitasi ini kita upayakan dengan usaha sendiri. Dinas Sosial (Dinsos) dan Pemkab Tapteng belum ada memberikan perhatian. Pernah sekali kami dapat bantuan makanan dari Kementerian Sosial (Kemensos), itupun hanya untuk 9 orang saja,” kata Nelly.

Ia juga mengungkapkan, warga yang mengalami gangguan jiwa yang mereka rawat, dan sudah sembuh, langsung dikembalikan kepada keluarganya.

“Kalau sudah ada penghuni yang sembuh, maka kita akan kembalikan pada keluarga, terutama penderita narkoba yang sudah banyak dikembalikan,” ungkapnya.

Nelly juga menyampaikan, penghuni di tempat rehabilitasi ini ada diantar oleh keluarga maupun orang lain, kemudian dibawa karena ditemukan di jalanan.

“Ini baru pertama, ada lembaga hukum memberi perhatian, dan memberikan berkat buat kami, semoga kantor barunya semakin diberkati,” tambah Pardede, suami Nelly.

Baca juga:Pemko Siantar Bangun Rumdis dan Kantor Lurah Rp3,5 Miliar

Parlaungan selanjutnya mengatakan, kehadiran LKBH karena adanya pembukaan kantor baru. Dia berharap, LKBH Sumatera semakin maju, agar bisa saling memberikan perhatian.

“Terutama kami lihat, adanya ketulusan pengelola untuk membina penghuninya. Bantuan ini tidak seberapa, namun diharapkan ke depan kita bisa semakin maju,” ucap Parlaungan.

Dia juga mengungkapkan, selama ini telah konsisten berjuang untuk masyarakat memberikan bantuan hukum.

“Untuk itu, Saya berharap kepada pengurus LKBH Sumatera tetap konsisten dalam membantu masyarakat,” tegas pria kelahiran Kecamatan Kolang, Kabupaten Tapteng ini. (feliks/hm16)

Related Articles

Latest Articles