17.9 C
New York
Thursday, September 5, 2024

Pintu Tol Sinaksak Rampung, Rencananya Dibuka Resmi Presiden

Simalungun, MISTAR.ID

PT Hutama Marga Waskita, konsorsium pengembang Proyek Strategis Nasional (PSN) telah merampungkan sejumlah ruas jalan tol di Sumatera Utara (Sumut). Termasuk seksi 4 segmen Serbelawan -Sinaksak, yang berada di wilayah Kabupaten Simalungun.

Terkait itu, Gerbang Tol Sinaksak tersebut rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi.

Sementara Public Relation PT Hutama Karya, Sari S Rahanti, mengatakan peresmian Gerbang Tol Sinaksak hingga saat ini masih tahap peninjauan dan belum diketahui kapan akan diresmikan.

Baca juga:Fungsional Jalan Tol Sinaksak Berakhir 16 April Mendatang

“Masih dalam peninjauan berbagai pihak,” ujar Public Relation PT Hutama Karya Sari S Rahanti dikonfirmasi mistar, Kamis (5/9/24).

Sebagaimana diketahui, seksi 4 segmen Serbelawan -Sinaksak, masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat), proyek Ketupat ini pun memiliki total 6 seksi sepanjang 143,25 km.

Ruas tol ini akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara serta mempermudah akses wisatawan, khususnya dari Kota Medan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Baca juga:One Way dari Pintu Tol Sinaksak Menuju Siantar Diberlakukan

Adapun 6 seksi tersebut terdiri dari seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura, seksi 2 Indrapura-Kuala Tanjung, seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, dan seksi 4 segmen Serbelawan-Sinaksak.

Kemudian seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, memiliki tiga gerbang tol yakni Dolok Merawan, Sinaksak, dan Raya atau dikenal sebagai Simpang Panei. Untuk seksi 4 segmen gerbang tol Raya, saat ini masih dalam konstruksi.

Lalu, seksi 5 yaitu Pematang Siantar-Saribudolok sepanjang 22,30 km dan Seksi 6 Saribudolok-Parapat sepanjang 16,70 km masih dalam tahap finalisasi desain. (hamzah/hm17)

Related Articles

Latest Articles