15.9 C
New York
Friday, August 23, 2024

Mengenal Hatra, Harimau Sumatera yang Jadi Maskot PON XXI

LOGO PON XII

 

 

 

Medan, MISTAR.ID

Pada pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 bakal dimeriahkan juga dengan maskot ikonik nantinya. Sumatera Utara (Sumut) sendiri memiliki maskot bernama Hatra alias Harimau Sumatera.

Hatra nantinya akan berdampingan dengan maskot dari Provinsi Aceh bernama Po Meurah. Hatra atau dikenal juga dengan Matra memiliki beberapa filosofi di dalamnya.

Kurang lebih dua pekan lagi ajang olahraga akbar nasional tersebut bakal diadakan, maskot-maskot tersebut sudah terlihat memenuhi berbagai lini seperti venue, publikasi hingga kendaraan di Sumut. Hal ini tentu menjadi atensi dari Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni dalam setiap kesempatannya saat ini.

“Publikasi terus kita laksanakan mengingat PON XXI yang semakin dekat, ini penantian panjang kita setelah jadi tuan rumah terakhir pada tahun 1953, kita harus bisa menjadi tuan rumah,” ujarnya, Jumat (23/8/24).

Baca juga: Polda Sumut Lakukan Pengamanan Empat Unsur di PON XXI

Pada bagian kepala Hatra menunjukkan Tanjak Melayu yang merupakan penutup kepala tradisional Melayu. Hal ini melambangkan kehormatan yang patut dijaga dan merupakan lambang amanah, tanggung jawab dan persatuan.

Kemudian ditemukan pula elemen Gorga Batak yang merupakan ragam seni hias masyarakat Batak Toba mewakili simbol religius dan kemakmuran. Selain Gorga, terlihat Hatra juga memakai Ulos Batak yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Sumut.

Ulos merupakan pakaian adat yang menyimpan filosofi mendalam tentang kehidupan dan simbol restu, kasih sayang dan persatuan. Terakhir sosok Hatra yang terinspirasi dengan Harimau Sumatera cukup dikenal secara global dan mewakili simbol kekuatan, energik dan kepemimpinan. (iqbal/hm20)

Related Articles

Latest Articles