25.2 C
New York
Sunday, August 11, 2024

Banjir Rendam Tapteng, Warga Sempat Mengungsi dan Akses Jalan Lumpuh

Tapteng, MISTAR.ID

Banjir melanda di empat kecamatan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), sejak Sabtu sore (10/8/24) hingga Minggu (11/8/24) malam, sempat mengungsikan warga dan melumpuhkan akses jalan.

Kepala BPBD Tapteng, Rahmad Husein Siregar mengatakan banjir melumpuhkan akses jalan lintas Kecamatan Kolang menuju Kecamatan Sorkam.

“Jalan tersebut hanya bisa dilalui beberapa truk yang nekat menerobos genangan banjir. Sedangkan sepeda motor dan mobil lainnya tidak dapat melintas karena ketinggian banjir,” katanya, Minggu (11/8/24) malam.

Baca juga : Ratusan Rumah di Tapteng Terendam Banjir

Sementara di wilayah Lingkungan I Kecamatan Sosorgadong, sebagian masyarakat sempat diungsikan ke tempat lebih tinggi ke bangunan sekolah serta ke masjid, akibat banjir yang menerjang pemukiman warga dengan ketinggian 60 centimeter.

“Namun banjir telah surut dan masyarakat yang sempat mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing,” ujar Rahmad Husein.

Dijelaskannya, banjir juga menerjang pemukiman warga di wilayah Kecamatan Manduamas di empat lokasi dengan ketinggian air setinggi lutut orang dewasa, yaitu Desa Tumba Jae, Kelurahan PO Manduamas, Desa Lae Monang, Desa Pardomuan.

“Kondisi terkini air telah surut dan aktivitas masyarakat telah kembali normal,” sambung Rahmad.

Related Articles

Latest Articles