23.4 C
New York
Saturday, August 10, 2024

Job Fair SMKN 5 Medan: Jembatani Alumni dengan Perusahaan

Medan, MISTAR.ID

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Kota Medan melaksanakan job fair yang berlangsung di lapangan sekolah, Jalan Timor Gaharu Medan, pada Sabtu (10/8/24).

Ketua Panitia Job Fair SMKN 5 Medan tahun 2024, Sariyati saat ditemui di kantornya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan menjembatani antara alumni dengan dunia usaha.

“Job fair ini kita lakukan sekali setahun. Dan pertama sekali itu di tahun 2023 kemarin. Alhamdulillah kalau kali ini ada 19 perusahaan yang berpartisipasi,” sebutnya kepada mistar.id.

Baca juga:SMKN 5 Medan Akan Gelar Job Fair

Sariyati menjelaskan, bahwa SMKN 5 telah menjalin kerja sama dengan perusahaan maupun industri yang mereka undang pada job fair ini.

“Yang menjadi mitra utama kita ada, Indodacin, ada lagi perusahaan lain, tapi kalau yang utama kayaknya Daihatsu. Anak didik SMKN 5 berpeluang diterima untuk magang dan bekerja. Mereka juga ada kegiatan dunia industri mengajar gitu ya, jadi istilah kami itu guru tamu. Artinya nggak sebatas ini saja, tapi jadi guru tamu tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) menerima alumni kita juga untuk bekerja entah guru magang juga,” terangnya.

Meskipun kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Utara (Sumut), Abdul Haris Lubis itu diutamakan untuk siswa-siswi dan alumni SMKN 5 Medan, namun mereka mengaku tidak menutup ataupun melarang masyarakat umum yang datang.

Baca juga:Diikuti Puluhan Perusahaan, Job Fair Pemprov Sumut Dapat Bermanfaat Bagi Dunia Kerja

“Harapannya banyak alumni-alumni yang diterima di perusahaan itu, kemudian kegiatan ini juga tidak hanya berhenti sampai di sini. Nanti harapannya dengan adanya job fair ini apabila perusahaan-perusahaan itu butuh tenaga kerja, cukup hubungi sekolah. Karena sekolah mempunyai Bursa Kerja Khusus (BKK), nah di situ nanti menjembatani antara perusahaan dengan alumni-alumni,” tutupnya. (susan/hm16)

Related Articles

Latest Articles