23.4 C
New York
Saturday, August 10, 2024

KPU Taput Pleno Penetapan DPS dan TPS Pilkada 2024

Taput, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2024.

Rapat pleno digelar di Sopo Nommensen Pearaja, Kecamatan Tarutung, pada Sabtu (10/8/24) dipimpin langsung oleh Ketua KPU Taput, Swardi Pasaribu.

Turut hadir pada rapat pleno itu yakni, seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 15 kecamatan, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kopman Pasaribu, pihak Kejaksaan, Kapolres AKBP Ernis.Sitinjak, Kapten K Napitupulu mewakili Dandim 0210/TU, Kepala Kesbangpol, Eben Ejer Sitanggang, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Asnah Sinaga.

Baca juga:Baru Dua Anggota DPRD Terpilih yang Laporkan LHKPN ke KPU Taput

“Kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang sudah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Juli lalu,” kata Swardi.

Ia mengatakan, sebelumnya juga telah dilaksanakan rapat pleno penetapan DPS di tingkat desa. Begitu juga rekapitulasi hasil pemutakhiran DPS.

“Hari ini adalah rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemutakhiran DPS pada Pilkada Tahun 2024 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Taput,” ujarnya.

Baca juga:KPU Taput Undang PPK dan PPS Dalam Persiapan Gugatan Partai ke MK

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka, KPU Taput menetapkan jumlah TPS dan DPS di 15 kecamatan dan 241 desa/kelurahan.

Untuk jumlah TPS sebanyak 640. Sedangkan jumlah DPS laki-laki sebanyak 110.852 orang dan perempuan 116.266 orang, dengan jumlah total keseluruhan pemilih 227.118 jiwa.

“Semoga data ini tidak ada lagi yang salah. Karena untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan dilakukan di bulan September. Jadi berikutnya kita masih punya tahapan untuk memperbaiki DPS,” papar Swardi. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles