18.8 C
New York
Thursday, August 8, 2024

KPU Samosir Sosialisasikan Tahapan Pencalonan Bupati Dan Wakil Bupati Samosir

Samosir, MISTAR.ID
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir menggelar sosialisasi tahapan pencalonan bupati dan wakil bupati Samosir pada pemilihan serentak tahun 2024, Kamis (8/8/24) di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan.Ketua KPU Samosir, Vincent Sitinjak mengatakan bahwa sosialisasi tersebut sebagai langkah awal dalam rangkaian tahapan pencalonan bupati dan wakil bupati pada Pilkada Samosir tahun 2024.

“Dengan adanya pemahaman yang jelas mengenai tahapan dan persyaratan pencalonan, diharapkan tidak akan ada lagi kesalahan administrasi yang dapat menghambat proses pencalonan,” jelasnya.

Baca juga:KPU Samosir Sosialisasi Pelaksanaan PSU di TPS 12 Pangururan

Asisten I Pemkab Samosir, Tunggul Sinaga menyampaikan dukungan Pemkab Samosir terhadap KPU dan Bawaslu Samosir dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

“KPU bekerja konsisten, kita apresiasi KPU dan Bawaslu Samosir,” katanya.

Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean menyebutkan bahwa tahapan sudah berjalan dan saat ini dalam tahapan pemutakhiran data.

“Sangat riskan dalam pemutakhiran data. Jika tidak klop bisa menjadi ajang protes dan menjadi dilema jika data tersebut tidak valid,” ujarnya.

Kompol Saut Tulus Panggabean menyatakan bahwa Polri turut membantu KPU dalam pelaksanaan Pilkada dan mengamankan 342 TPS yang ada di Kabupaten Samosir pada Pilkada Samosir tahun 2024.

Baca juga:KPU Samosir Resmi Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati/Wakil Bupati 2024

“Anggota Polri dilarang mendukung dan memihak kepada salah satu  pasangan calon. Polri netral,” tegasnya.

Kepada para pengurus partai, Kompol Saut Tulus Panggabean meminta supaya memberikan pengertian kepada para pendukungnya, demi terciptanya pilkada Samosir tahun 2024 yang tertib dan damai.

Anggota DPRD Samosir, Marco Christian Simbolon yang mewakili Ketua DPRD Samosir meminta supaya seluruh stakeholder mengedukasi masyarakat supaya tercipta pilkada aman dan damai di Kabupaten Samosir.

Baca juga:KPU Samosir Distribusikan Logistik Pemilu Tahun 2024

“Ini merupakan agenda penting dalam tahapan pilkada. Ini bukan hanya tanggung jawab penyelenggara tapi tanggung jawab semua pihak. Mari kita edukasi masyarakat supaya tidak terjadi gesekan dan pilkada samosir terlaksana aman dan damai,” pungkasnya.

Ketua Bawaslu Samosir yang diwakili Koordinator Sekretariat (Korsek), Ritha Bakkara berharap pilkada Samosir bisa berjalan lancar, aman dan damai.

“Pilkada bukan untuk percerai beraian. Jangan hilangkan Dalihan Na Tolu karena pilkada. Mari kita ciptakan pilkada Samosir yang lancar, aman dan damai,” ucap Ritha Bakkara.(josner/hm17)

Related Articles

Latest Articles