25 C
New York
Tuesday, August 6, 2024

Cegah Warga BAB Sembarangan, Pemko Binjai Salurkan Tangki Septik

Binjai, MISTAR.ID

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga perilaku hidup sehat, salah satunya dengan tidak buang air besar sembarangan,

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai terus berupaya mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kesadaran dalam menjaga perilaku hidup sehat, salah satunya tidak buang air besar (BAB) sembarangan.

Sebagai upaya mencegah BAB sembarangan, Pemko Binjai memberikan bantuan program pembangunan tangki septik individual kepada warga di Jalan Mentimun Lingkungan VII, Kelurahan Payaroba Binjai Barat, di Kecamatan Binjai Barat dan Kecamatan Binjai Kota pada Selasa (6/8/24).

Baca juga:Rumah Tanpa Septic Tank di Pusat Kota, Pemko Siantar Tak Berdaya Menindak

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai H. Irwansyah Nasution, mengatakan program pembangunan tangki septik individual ini merupakan bagian dari komitmen Pemko Binjai, untuk terus memajukan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program pembangunan yang berkelanjutan.

“Hal ini adalah bukti dari komitmen kami untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi seluruh warga Kota Binjai. Dengan memberikan bantuan septic tank, kami berharap dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, khususnya warga Kota Binjai secara keseluruhan,” ujar Sekda didampingi Kadis PUPR Kota Binjai, Elvi Kristina.

Dengan adanya septic tank, lanjut Sekda, akan terjadi pengurangan risiko pencemaran lingkungan. Dengan memiliki sistem pengelolaan air limbah yang baik, risiko terjadinya penyakit terkait air limbah dapat berkurang secara signifikan. Ini berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, ia menyampaikan harapan, agar bantuan ini digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu, sehingga memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas serta sesuai aturan.

Baca juga:Pemkab Toba Kembangkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Individual

“Kami juga mengharapkan bantuan sanitasi ini dipergunakan dengan sebaik-baiknya, juga dapat merubah pola hidup masyarakat agar buang air besar ditempat yang semestinya agar terciptanya masyarakat yang sehat dan bersih,” tambahnya.

Sebagai penutup, Sekdako Binjai turut menyampaikan terima kasih kepada dinas terkait yang telah memberikan kesempatan kepada Kota Binjai untuk mendapatkan program tangki septik individu.

Pada kesempatan ini, Pemko Binjai turut memberikan bantuan kepada 71 kepala keluarga di Kelurahan Payaroba, 70 kepala keluarga di Kelurahan Limau Sundai, 70 kepala keluarga di Kelurahan Suka Maju, 70 kepala keluarga di Kelurahan Tangsi, 70 kepala keluarga di Kelurahan Tanah Seribu, 70 kepala keluarga di Kelurahan Binjai Estate, 70 kepala keluarga di Kelurahan Rambung, serta 70 kepala keluarga di Kelurahan Timbang Langkat. (endang/hm17)

Related Articles

Latest Articles