20.6 C
New York
Sunday, July 28, 2024

Gigi Komodo Ternyata Dilapisi Besi dan Setajam Silet

Jakarta, MISTAR.ID

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa gigi komodo memiliki lapisan besi yang membuatnya setajam silet, membantu mereka dalam membunuh mangsa secara efektif.

Penelitian yang dilakukan dari King’s College London menggunakan pencitraan kimia dan struktural tingkat lanjut untuk mempelajari gigi komodo (Varanus komodoensis).

Hasilnya menunjukkan bahwa ujung dan gerigi gigi komodo dilapisi dengan pigmen oranye yang kaya akan zat besi, yang berfungsi sebagai pelindung.

Baca juga: Warga Lokal Labuan Bajo Kembali Digigit Komodo

“Ciri ini belum pernah dilaporkan sebelumnya pada reptil karnivora,” tulis para peneliti, seperti dilansir dari detik, Jumat (26/7/24).

Penelitian ini juga menemukan bahwa lapisan besi sangat penting untuk mengembangkan gigi bergerigi komodo, yang membantu mereka membunuh mangsa.

Komodo memburu berbagai hewan, mulai dari tikus hingga kerbau air, menggunakan gigi tajam dan gigitan berbisa.

“Menariknya, lapisan serupa juga ditemukan pada gigi reptil lain seperti biawak, buaya, dan aligator,” tambahnya.

Para peneliti menduga bahwa dinosaurus karnivora di masa lalu mungkin juga memiliki lapisan besi pada gigi mereka, meskipun bukti langsung dari fosil gigi reptil dan dinosaurus yang berkerabat dekat dengan komodo belum ditemukan.

Menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), populasi komodo di alam liar hanya tersisa sekitar 3.458 individu dewasa dan bayi. Komodo hanya ditemukan di Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles