22.7 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Jokowi Lantik Tiga Wamen, Salah Satunya Keponakan Prabowo

Jakarta, MISTAR.ID

Tiga wakil menteri (Wamen) Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/24). Ketiganya yang langsung dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu yakni Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan. Kemudian Yuliot Tanjung yang mengisi posisi baru selaku Wakil Menteri Investasi. Serta Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Thomas atau Tommy merupakan Bendahara Umum Partai Gerindra sekaligus keponakan Prabowo Subianto. Kemudian Sudaryono merupakan Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, dan Yuliot, sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM.

Baca Juga : Wakil Menteri Pertanian RI Serahkan Bantuan Bibit Pertanian di Asahan

Ketiganya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan wakil menteri yang dilantik dan diikuti ketiga orang tersebut.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan. (mtr/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles