25.3 C
New York
Saturday, July 13, 2024

Pj Bupati Taput Sebut Ulos Tenun Salah Satu Karya Warisan Terbaik

Taput, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dimposma Sihombing menyebut ulos tenunan adalah salah satu karya warisan terbaik dari nenek moyang suku Batak yang penuh makna tersirat dan sangat pantas untuk dibanggakan.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi galeri Dame ulos milik Reni Manurung di Saitnihuta, Kecamatan Tarutung, baru-baru ini. Beragam motif ulos batak hasil tenunan tangan yang sengaja dipajang di dalam galeri menyita perhatiannya.

“Sekali mengunjungi galeri Dame ulos yang memiliki kain tenunan ulos berkualitas akan membuat pengunjung ketagihan untuk kembali datang,” ujarnya.

Baca Juga : Pj Bupati Taput Sambut Kunjungan Luhut Panjaitan di Bandara Silangit

Sebab, kata Dimposma, selain ketersedian beragam ulos, setiap pengunjung akan disuguhi wawasan akan proses pembuatan kain ulos tenun mulai dari awal pewarnaan benang yang menggunakan pewarna alami.

Reni Manurung pemilik galeri menjelaskan bagaimana bermacam bahan baku pewarna menggunakan jelawe sejenis kulit buah yang dipesan dari pulau Jawa, kulit pohon, serta dedaunan yang banyak tersedia di alam dapat digunakan menjadi pewarna benang.

Di hadapan Dimposma, dia menyebut pewarnaan dengan pewarna alam memiliki nilai tersendiri dalam mutu dan kualitas setiap helai ulos yang dihasilkan. (fernando/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles