33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Proses Landing, Roda Pesawat Saudi Airlines Terbakar

Peshawar, MISTAR.ID

Insiden dialami pesawat Saudi Airlines saat landing di Bandara Internasional Bacha Khan, Peshawar, Pakistan, pada Kamis (11/7/24).

Pihak Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan (Pakistan Civil Aviation Authority/PCAA) menuturkan, asap dan percikan api muncul dari roda bagian kiri ketika kapal terbang melakukan pendaratan di bandara.

“Usai pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan 792 turun di Bandara Peshawar, petugas air traffic controller mendeteksi asap dan percikan api dari roda bagian kiri,” sebut PCAA, seperti dilansir Arab News.

Baca juga:Roda Pesawat American Airlines Terbakar di Bandara Tampa

Petugas pun secepatnya mengabari pilot dan memanggil pemadam kebakaran, sehingga pesawat sukses mencegah peristiwa yang tak diinginkan.

“Semua penumpang terdiri dari 276 orang dan 21 awak pesawat keluar dengan selamat memakai perosotan kapal terbang,” tulis PCAA.

Sementara Maskapai Saudi Airlines juga menyatakan, seluruh penumpang sudah dievakuasi dengan aman dan selamat. Termasuk menyatakan pesawat tengah menjalani evaluasi teknis oleh tim spesialis.

Baca juga:40 Orang Terluka Akibat Pesawat Air Europa Alami Turbulensi Hebat

“Begitu juga perbaikan, beserta inspeksi menyeluruh dan pengujian dalam memastikan keamanannya,” sebut penjelasan maskapai.

Kejadian roda terbakar terkadang terjadi di sejumlah maskapai penerbangan di berbagai bandara Pakistan.

Industri penerbangan Pakistan pun kurun beberapa tahun terakhir berada di bawah pengawasan internasional menyangkut standar keamanannya.

Baca juga:Airbus Mendarat Selamat, Meski Hidung Pesawat Rusak Diterjang Badai Es

Dalam mengatasi kondisi seperti itu, otoritas Pakistan sudah menerapkan rencana tanggap darurat yang komprehensif, bertujuan memastikan semua maskapai, dan bandara memenuhi standar keselamatan internasional, serta siap menangani kemungkinan tersebut secara efektif.

PCAA berusaha meraih sertifikasi dari sejumlah negara untuk memastikan kepatuhan terhadap standar internasional.

Awal Juli ini, Otoritas Penerbangan Sipil Umum UEA mensertifikasi keamanan penerbangan di Bandara Islamabad dan Karachi, serta mengkonfirmasi telah memenuhi standar internasional. (cnn/hm16)

Related Articles

Latest Articles