18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Bupati Tapsel Desak HMI Revitalisasi Rumah Lafran Pane

Tapsel, MISTAR.ID

Rumah pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane di Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sudah berbeda dari bentuk aslinya.

Karena itu, Bupati Tapsel, Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mendesak HMI untuk merevitalisasi rumah tersebut.

Hal itu diutarakan saat menghadiri pelantikan pengurus HMI dan Kohati Cabang Padangsidimpuan periode 2024-2025 di Gedung Nasional, Kota Padangsidimpuan, pada Jumat (31/5/24) kemarin.

Baca juga:Pasca Hujan Deras, Kantor Bupati Tapsel Dikepung Longsor

“Saat ini rumah tersebut sudah berbeda bentuknya dibanding ketika dulu ditinggali oleh almarhum. Alangkah monumentalnya itu bisa dimiliki HMI, lalu dipugar seperti aslinya, kemudian di dalam dimuat barang, buku-buku dan karya monumental Lafran Pane yang sangat dikagumi sebagai wujud pelestarian sejarah perjuangan,” ujarnya.

Menurutnya, kelahiran sang pelopor HMI yang merupakan pahlawan nasional berasal dari daerahnya dan menjadikan Kabupaten Tapsel eksis di kalangan dunia aktivis secara nasional, bahkan internasional.

“Namun, saya titip pesan dan mohon kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) agar disampaikan kepada para petinggi HMI, rumah peninggalan Lafran Pane agar dijadikan monumen sebagai legasi sang tokoh besar HMI di Tapsel,” sebutnya.

Dijelaskan, hal itu penting bagi sejarah peradaban di HMI. Karena menurutnya, Tapsel dijadikan sumbernya HMI yakni, Lafran Pane ikut mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahkan pemikiran beliau melintasi zaman yang banyak melahirkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

Baca juga:Bupati Tapsel Sampaikan LKPj 2023, APBD Kondisi Unaudit

Dikatakan, ketika membenahi kediaman Lafran Pane, selain sisi HMI nya, tentu Desa Pangurabaan juga akan ikut semakin dikenal masyarakat luas.

Ketua Umum (Ketum) PB HMI periode 2024-2026 diwakili Sekjen Muhammad Jusrianto menyahuti langsung harapan Bupati Tapsel. Menurutnya, itu merupakan dukungan luar biasa dari seorang kepala daerah kepada peradaban HMI.

Adapun pengurus HMI Padangsidimpuan periode 2024-2025 yakni Ketua, Ahmat Rasyif Rambe dan Sekretaris, Fadly Agus Latif Harahap. Sementara pengurus Kohati yakni Ketua, Ade Juwita Harahap dan Sekretaris, Rabiyatul Adawiyah Matondang. (amran/hm16)

Related Articles

Latest Articles