18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Berprestasi Internasional, Atlet Tenis Meja Disabilitas Sumut Tampil di Peparnas 2024

Medan, MISTAR.ID

Cabang olahraga (cabor) tenis meja Sumatera Utara (Sumut) hampir dipastikan akan diperkuat atlet yang memiliki prestasi internasional di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024.

Atlet yang dimaksud bernama Sofyan. Dia merupakan atlet berstatus elit yang dipersiapkan untuk tenis meja disabilitas di ajang yang akan digelar bulan Oktober mendatang.

“Kalau untuk event rutin di Provinsi masih kuranglah, belum sering, masih jarang, makanya sekarang ini kami fokus terus latihan,” ujar Sofyan kepada mistar.id, Jumat (31/5/24).

Baca juga:Tenis Meja Difabel Sumut Yakin Sabet Empat Medali Emas di Peparnas 2024

Dirinya menyebut, saat ini sedang melakukan latihan fokus di teknik memukul.

“Ini latihan sudah mulai intensif untuk Peparnas nanti. Sekarang fokus ke teknik-teknik pukulan dan sudah terus disiapkan untuk pertandingan nanti,” ungkapnya.

Sofyan merupakan atlet yang pernah bermain di Asian Paragames membela kontingen Indonesia di Taiwan beberapa tahun lalu.

“Saya pertama kali mengikuti Peparnas 2016 di Provinsi Jawa Barat (Jabar), baru 2021 di Papua. Kemarin mendapat medali perunggu di Taiwan di Asian Paragames, itu pencapaian tertinggi saya,” tuturnya.

Baca juga:Semangat PON XXI, Ratusan Petenis Meja Ikut Turnamen Piala Pangdam I/BB

Namun Sofyan juga mengutarakan perasaan kecewanya kepada pemerintah menjelang kejuaraan tersebut. Menurutnya, atlet disabilitas saat ini belum bisa menerima kesetaraan.

“Pemerintah maunya setarakan kami lah, jangan membeda-bedakan yang disabilitas dengan yang normal. Kami kan sama-sama membela Sumut nantinya. Eventnya sama, bedanya kami disabilitas mereka normal,” ungkapnya.

“Kalau bonus, mereka yang normal sekian, kami yang disabilitas separuhnya, saya termasuk yang kecewa dengan pemerintah. Kami belum rasakan kesetaraan itu,” sambung Sofyan.

Meski begitu dirinya mengatakan, saat ini National Paralympic Committee (NPC) Sumut sudah memenuhi keperluan dalam latihan menuju Peparnas 2024.

Baca juga:Pemprov Sumut Kucurkan Bonus Rp3 Miliar Lebih kepada Atlet Disabilitas Berprestasi

“Kalau kendala secara umum sudah tidak ada, sudah ditangani NPC Sumut, semua diamini mereka, sudah aman untuk persiapan beberapa bulan lagi menuju Peparnas,” pungkasnya.

Sofyan juga diketahui pernah mempersembahkan medali emas di Asean Paragames 2022 untuk Indonesia. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles