19 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Sri Mulyani Siapkan APBN 2025, Probowo Fokus Pembangunan Infrastruktur

Jakarta, MISTAR.ID

Pembangunan untuk tahun 2025 pada awal pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan difokuskan pada bidang infrastruktur dan investasi.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam persiapannya menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Arah kebijakan ekonomi Indonesia di masa transisi ini, kata Sri Mulyani, akan fokus secara fundamental. Menurutnya ini penting untuk melanjutkan hilirisasi dan meningkatkan investasi bidang sumber daya manusia.

Sri Mulyani mengakui bahwa masa transisi pemerintahan Indonesia telah teruji dengan baik. Hal itu dapat dibuktikan berdasarkan pemerintahan presiden sebelumnya. Mulai dari masa Megawati Soekarnoputri di tahun 2001-2004, kemudian masa Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada tahun 2004-2014, serta pada masa pemerintahan Joko Widodo hingga sekarang.

Baca juga: Surya Paloh: NasDem Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sri Mulyani memastikan pada masa transisi ini komunikasi dan kerja sama antara presiden terpilih Prabowo Subianto dengan pemerintahan Jokowi yang akan berakhir pada 20 Oktober 2024 berjalan baik.

“Kita akan terus berkonsultasi (dengan presiden terpilih) dan tentu saja dari sisi politik akan terus berproses, sedangkan dari sisi ekonomi dan terutama dari sisi penyusunan anggaran kita harus menyiapkan sesuai dengan siklus anggaran yang diatur oleh undang-undang,” jelasnya.

Dalam perancangan APBN, pemerintah sedang menyiapkan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) yang akan menjadi dasar. Dokumen itu rencananya akan mulai dibahas di DPR RI pada Mei 2024 ini. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles