23.4 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Inspektorat Deli Serdang Klarifikasi Dugaan Suap dan Pungli di Disdik

Deli Serdang, MISTAR.ID

Kepala Inspektorat Deli Serdang, Edwin Nasution akan melakukan klarifikasi ke Dinas Pendidikan (Disdik) Deli Serdang terkait berbagai dugaan penyelewengan. Diantaranya dugaan suap pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMP Negeri 2 Bangun Purba maupun kepala SD dan SMP di Kabupaten Deli Serdang yang bukan berasal dari Guru Penggerak (GP).

Kemudian soal dugaan penjualan foto Bupati Deli Serdang ke 14 HM Ali Yusuf Siregar ke sekolah-sekolah di Deli Serdang sebesar Rp 450 ribu. Lalu mengenai  potongan bulanan dari gaji yang dialami pengawas SMP ditambah lagi kutipan pengurusan sertifikasi kepada setiap guru SD di salah satu koordinator kecamatan (Korcam) Disdik.

Sejauh ini Edwin mengaku telah banyak mendapat laporan menyimpang lainnya di Disdik tersebu”Nanti diklarifikasi ke Disdik ya,”jawab Inspektur Deli Serdang, Edwin Nasution, Rabu (31/1/24).

Diberitakan sebelumnya, pengangkatan Plt Kepala SMP Negeri 2 Bangun Purba oleh Disdik Deli Serdang pada Kamis (18/1/24) lalu diduga melanggar aturan.

Baca juga: Sekdisdik Deli Serdang Beda Pendapat dengan Bawahan Soal Potongan PKBM

Sebab Hotlan Simanjuntak yang sebelumnya Wakil Kepala SMP Negeri I Kutalimbaru tersebut kabarnya bukan berasal dari guru penggerak (GP). Bahkan dirinya juga tidak punya Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) sekarang namanya SIM Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS). Namun hal tersebut dibantah Hotlan Simanjuntak ketika dikonfirmasi via seluler.

Menurut Hotlan, dirinya merupakan guru penggerak. Namun Hotlan tidak menyebut guru penggerak angkatan keberapa. Hotlan juga tidak membantah jika kepengurusan dirinya menjadi Plt kepsek melalui Kasubag Umum Disdik Deli Serdang dan bukan di Bagian Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Disebutkan Hotlan juga dirinya tidak ada menyogok jutaan rupiah untuk menjadi Plt kepsek di SMP Negeri 2 Bangun Purba. Karena disebut-sebut untuk posisi kepala SMP di Deli Serdang harus menyiapkan dana kisaran Rp 70 juta hingga 150 juta.

Saat ini ada 8 Kepala SMP Negeri di Deli Serdang yang bukan dari GP dan telah diangkat Maret tahun lalu oleh Bupati Deli Serdang semasa Ashari Tambunan.(sembiring/hm17)

Related Articles

Latest Articles