27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Sejumlah Modus Penipuan Online di 2024

Jakarta, MISTAR.ID

Sejumlah modus penipuan online yang menggunakan trik social engineering via WhatsApp masih menjadi perhatian di awal 2024. Jika tahun lalu, kebanyakan penipuan memanfaatkan file apk dengan berbagai modus, tahun ini juga tidak jauh berbeda.

Jika tahun lalu mengatasnamakan undangan pernikahan, tahun ini mengatasnamakan kurir paket, surat tilang elektronik (eTLE), hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Format file apk (Application Package File), yang digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke handphone Android, seringkali tidak dapat ditemukan di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Penipu memanfaatkannya untuk mengunggah malware atau program jahat, yang dapat memberikan akses pelaku ke SMS di handphone korban dan menguras rekening.

Pakar keamanan siber Teguh Aprianto menjelaskan bahwa modus penipuan ini mirip dengan aplikasi ilegal yang dapat mengakses SMS untuk mendapatkan One Time Password (OTP).

Baca juga: Tips dan Trik Jika Terlanjur Klik Tautan Penipuan Online di WhatsApp

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, langkah pencegahan utama adalah menghindari mengunduh file apk tanpa perlu, karena file tersebut dapat mengandung risiko.

“Meski satu pembuat program jahat penguras rekening telah terungkap sebagai mahasiswa berinisial AI pada tahun 2023, kasus penipuan online ini masih terus berkembang. Beberapa modus penipuan yang disoroti hingga awal 2024 melibatkan trik seperti modus kurir, modus surat tilang, dan modus file pdf yang mengubah format apk,” jelas Teguh, Senin (22/1/24).

Kurir paket

Dalam modus kurir, penipu menyamar sebagai kurir dan mengirimkan lampiran berupa file apk dengan modus ‘Lihat Foto Paket’.

Untuk modus surat tilang melibatkan klaim kepolisian melalui WhatsApp yang meminta penerima pesan untuk membuka file ‘Surat Tilang-1.0.apk’, sementara modus file pdf berusaha menyembunyikan keberadaan file apk dengan mengubahnya menjadi file pdf dalam konteks pembelian barang di online shop.

Baca juga: Hati-hati! Begini 5 Modus Penipuan Online, Kenali Caranya

Penipuan ini menunjukkan bahwa kehati-hatian dalam menerima dan membuka file apk tetap menjadi langkah penting dalam melawan modus penipuan online.

Related Articles

Latest Articles