16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Maksimalkan Kinerja, Dishub Simalungun Minta Penambahan Personel

Simalungun, MISTAR.ID

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Simalungun dalam Paripurna pada Kamis (30/11/23) kemarin, meminta agar Dinas Perhubungan (Dishub) memaksimalkan kinerja dalam kelancaran arus lalu lintas di Kabupaten Simalungun.

Saran dan masukan tersebut pun agar personel dari Dishub ditempatkan di lokasi-lokasi yang rawan kecelakaan. Selain itu, dewan juga meminta Dishub untuk memperhatikan pemasangan portal di jalan klas III sehingga tidak ada yang terganggu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Simalungun Sabar Saragih mengatakan, terkait saran dan masukan dari dewan, pihaknya sudah melakukan dan menempatkan personel di lokasi-lolasi setrategis.

“Memang selama ini selalu personel kita tempatkan di tempat-tempat yang rawan kecelakaan. Kenapa tidak semua, ya kalau semua kecamatan tambahi lah anggaran sekaligus personel,” ujarnya, Minggu (3/12/23).

Baca Juga : Terminal Serbelawan Bakal Dibuka Kembali, Kadishub Simalungun: Kita Sudah Koordinasi ke Jaksa

Sabar mengatakan, saat ini pihaknya masih kekurangan personel untuk dapat memaksimalkan kinerja dalam menangani lalu-lintas di Simalungun dengan wilayah yang begitu luas.

“Personel kami terbatas dan 64 PH -nya itu Rp4 miliar, 5 sama pengujian. Di LLAJ itu ada sekitar 40 orang. Dengan kondisi geografis Simalungun yang luas ini berapa lah yang bisa kami tangani,” katanya.

Sabar mengungkapkan, personel ditempatkan di lokasi yang setrategis seperti di Jalan Medan, Tanah Jawa, dan di Raya. Namun, untuk di lokasi kecamatan lain belum karena kekurangan personel.

“Cuma itu yang bisa kami tangani. Makanya tidak realistis saran DPRD, mereka ingin keselamatan lalu lintas Dinas Perhubungan berperan. Di sisi lain, upaya-upaya keselamatan itu diberangus. Bagian dari keselamatankan itukan rambu, marka jalan, agar dewan tetap mensupport Dishub dari sisi program dan anggaran. Terkadang tidak realistis,” ucapnya.

Baca Juga : Gelar Razia ODOL, Dishub Simalungun Tilang 92 Kendaraan

Soal pemasangan portal pada jalan klas III di Kabupaten Simalungun, disampaikan Sabar bahwa pihaknya telah memasang 20 portal tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Simalungun.

“20 portal sudah terpasang, Ujung padang 2, Pematang Bandar 2, Bandar huluan 2, Gunung Maligas 1, Tapian dolok 1, Kecatamatan siantar 3, Jorlang hatara 1, Tanah jawa 3, Hatobduan 1, Keca Raya 1, Dolok masagal 1, Kecamatan Purba 2,” ungkapnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles