18.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Tanggul Sungai Longsor, Rutusan Hektar Padi Terancam Gagal Panen dan Rumah Nyaris Ambruk di Dairi

Sidikalang, MISTAR.ID

Tanggul Sungai Lae Nuaha , Desa Kalang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi  jebol dan longsor, mengakibatkan ratusan hektar lahan padi sawah milik terancam gagal panen. Setidaknya ada warga di lima desa merasakan dampak buruk bencana itu, yakni  warga di Desa Kalang, Desa Huta Rakyat, Desa Huta Imbaru, Desa Lae Nuaha, Desa Sosor Lontung dan Desa Kaban Julu.

Selain itu, puluhan unit rumah tempat tinggal warga juga terancam ambruk serta nyaris terseret longsor. Saat warga Desa Kalang sangat khawatir.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dairi, Alfriansyah Ujung, didampingi Sekretaris Desa Kalang, Surya Alam Sianipar sudah melaporkan masalah tersebut ke Sekretaris Daerah (Sekda)  Charles Bantjin, Dinas PUTR Dairi dan BPBD.

Baca juga: 12 Titik Longsor di Haranggaol, Camat: Dua Titik Parah, Akses Jalan dan Ladang Terdampak

Pihaknya mendesak Pemerintah Dairi agar segera melakukan perbaikan tanggul di sejumlah titik sepanjang Sungai Lae Nuaha agar tidak timbul kekeringan atau bencana lain yang merusak tanaman warga.

Menurut Alfriansyah, Sungai Lae Nuaha merupakan sumber air untuk mengaliri irigasi ke Hutaimbaru, Siluet dan Lau Luis. Irigasi itu dibutuhkan ratusan hektar lahan padi sawah milik warga di  5 Desa .

“Akibat tanggul jebol , lahan pertanian padi sawah terancam kering karena tidak dialiri air. Sementara kondisi  padi sawah di 5 Desa  itu, kini padi sedang bunga dan sangat membutuhkan air. Untuk itu , kita berharap Pemerintah Dairi agar segera menyikapi dan melakukan perbaikan, segera mengatasi persoalan itu agar dampaknya tidak semakin meluas yang merugikan banyak petani ,” ujar Alfriansyah

Sementara Sekda Dairi, Charles Bantjin menyebutkan pihaknya sudah langsung memerintahkan Bidang SDA pada Dinas PUTR Dairi, BPBD turun ke lapangan melakukan survei, sehubungan permintaan Ketua KNPI Dairi.

Baca juga: Jalan Nasional Tertimbun Longsor, Rute Sidikalang Tujuan Medan dan Siantar Dialihkan Via Silahisabungan-Tongging-Merek

Sehubungan  dengan kerusakan Sungai Lae Nuaha, Charles berjanji akan segera berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya , Sekdes Kalang, Surya   Alam Sianipar  menjelaskan,  akibat tingginya intensitas hujan di Dairi membuat beberapa tembok Sungai Lae Nuaha, Desa Kalang longsor. Rumah warga pun nyaris ambruk tepatnya di Dusun II, Pea Sanggar, Desa Kalang, Kecamatan Sidikalang.

Terpisah , Kepala Bidang Sumber Daya Aitr PUTR Dairi, Agung . kepada mistar.id mengakui, kondisi longsor di tebing Sungai Lae Nuaha masih terancam terjadi  longsor susulan dan menyeret rumah warga. (manru)

Related Articles

Latest Articles