14 C
New York
Monday, October 28, 2024

Seri Xiaomi yang Gunakan HyperOS

MISTAR.ID

Setelah mengenalkan sistem operasi (OS) terbaru mereka, HyperOS pada bulan Oktober 2023 dan debut di seri Xiaomi 14, kini ada beberapa smartphone yang menyusul menggunakan HyperOS.

Sedikitnya, ada sembilan perangkat yang akan mendapatkan HyperOS versi global pada gelombang pertama di Q1 2024. Mereka adalah Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, Xiaomi 13 Ultra, Xiaomi 13T Pro, Xiaomi 13T, Xiaomi 12T Pro, Xiaomi 12T, Xiaomi 11T, dan Xiaomi Pad 6.

Perusahaan teknologi asal China ini tengah mempersiapkan peluncuran global HyperOS mulai kuartal pertama tahun depan. OS berbasis Android 14 tersebut dijanjikan membawa penyegaran antarmuka, peningkatan performa, dan beragam fitur tambahan.

Berdasarkan laporan GSMChina, Minggu (12/11/23), HyperOS sebagai pengganti MIUI menjadi sistem operasi untuk seluruh ekosistem Xiaomi, mencakup smartphone, perangkat smart home, dan mobil.

Baca juga: Xiaomi Segera Rilis Pad 7 Akhir Tahun 2023

“Untuk produk IoT, HyperOS mengandalkan platform open-source Xiaomi Vela dengan basis sistem NuttX, sementara untuk HP dan tablet, HyperOS berbasis AOSP,” tulis GSMChina dalam keterangannya.

Meskipun HyperOS dianggap sebagai evolusi dari MIUI 14 dengan perubahan pengalaman pengguna seperti tampilan kunci yang dapat dikustomisasi, sistem ini tetap mempertahankan identitas MIUI.

Sebelumnya, Xiaomi menyatakan bahwa HyperOS adalah OS ringan dengan kapasitas 8,75 GB untuk smartphone, menawarkan perubahan penjadwalan untuk meningkatkan performa perangkat keras.

“Serta frame rate stabil dan konsumsi daya rendah, terutama selama sesi gaming jika dibandingkan dengan stock Android,” kata perwakilan Xiaomi beberapa waktu yang lalu. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles