16.2 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Balige Writers Festival 2023 Resmi Dibuka

Toba, MISTAR.ID

Balige Writers Festival 2023 yang dilaksanakan oleh Yayasan Gracia Toba Raya sejak 26-29 Oktober 2023 di Balige, menjadi wadah bagi para penulis, budayawan, sastrawan dan komunitas lain untuk saling berbagi cerita dan pengetahuan. Acara yang digelar di Museum TB Silalahi Center, Jumat (27/10/23) itu, mengangkat tema ‘Mulak tu Bona’ yang berarti kembali ke akar.

Bupati Toba Poltak Sitorus diwakili Asisten Administrasi Umum Verry S Napitupulu mengapresiasi kegiatan tersebut dan diharapkan mampu mengangkat cerita sejarah, pendidikan, budaya dan pariwisata di Kabupaten Toba.

“Kegiatan Balige Writers Festival 2023 diharapkan dapat mengangkat cerita sejarah, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata kawasan danau toba secara umum dan Balige secara khusus,” ucapnya.

Event ini juga diharapkan menjadi wadah kolaborasi dan sinergi untuk bersama-sama merawat budaya dan tradisi agar tidak tergerus oleh perkemban zaman. “Melalui event ini marilah kita saling bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya merawat sejarah, tradisi, dan budaya dalam bentuk literasi agar senantiasa lestari, berkembang, dikenang dan tidak hilang tergerus kemajuan zaman di era globalisasi dewasa ini,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemkab Toba Bakal Adakan Workshop UMKM di Desa Wisata

Selama ini, Pemkab Toba juga telah berupaya melestarikan dan mensosialisasikan budaya Batak Naraja kepada seluruh masyarakat Toba. “Batak Naraja yang di dalamnya meliputi perihal seputar karakter batak naraja yaitu, Batak Namarugamo (Peduli), Batak Namaradat (Santun) Batak Namaruhum (Taat Hukum) dan Batak Namarparbinotoan (Bijaksana),” katanya.

Disebutkan, semoga melalui kegiatan Balige Writers Festival 2023 ini diharapkan upaya memajukan dan melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Toba semakin dapat berkelanjutan, serta sekaligus dapat mendukung pariwisata di Kabupaten Toba yang saat ini merupakan destinasi pariwisata super prioritas sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia. (hotman/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles