23.4 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Dinkes Sumut Gelar Pembinaan Pokjanal Posyandu di Samosir 

Samosir, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bekerja sama dengan Dinkes Kabupaten Samosir menggelar kegiatan pembinaan Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal posyandu) di Aula Hotel Sitio-tio, Kecamatan Pangururan, Kamis (26/10/23).

Kegiatan pembinaan dilakukan dalam rangka integrasi layanan primer tingkat Kabupaten Samosir yang dibuka oleh Asisten II Pemkab Samosir, Hotraja Sitanggang dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provsu diwakili Kabid Kesmas, Hamid Rizal.

Dalam kesempatan itu, Asisten II Hotraja Sitanggang menjelaskan bahwa Pokjanal Posyandu merupakan kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan, penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu dan bertugas dalam memberikan bimbingan, pembinaan, fasilitasi, advokasi, pemantauan dan evaluasi yang akan memberikan pengaruh pada keaktifan Posyandu yang berkelanjutan.

“Dalam pertemuan ini, perlu dibahas bagaimana mengintegrasikan program kerja posyandu dengan layanan primer dengan dukungan dari OPD lintas sektoral. Intinya posyandu itu tidak hanya ada, tetapi menjadi posyandu yang aktif,” katanya.

Baca Juga : Bupati Vandiko Gultom Minta LPM Samosir Tidak Berorientasi pada Uang

Ia mengungkapkan bahwa kader-kader posyandu selama ini cenderung bekerja sebagai relawan dan perlu dilakukan mentransformasi kelembagaan posyandu menjadi sebuah lembaga yang formal yang terintegrasi dari pusat hingga daerah, sehingga bisa memberi perhatian kepada kader-kader.

“Kami meminta dukungan anggaran dari Dinkes Provsu sehingga tercapai posyandu yang aktif di Kabupaten Samosir,” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya pembinaan tersebut, Hotraja berharap supaya Pokjanal Posyandu merancang program kerja yang matang, optimal dan terintegrasi dengan layanan primer, sehingga fungsi Posyandu tidak hanya pelayanan kesehatan saja, tetapi juga peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami seluruh peserta agar memberi saran dan masukan, karena pertemuan ini untuk merancang program kerja untuk mengaktifkan posyandu yang terintegrasi, sebagai ujung tombak ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Samosir Bantu Korban Kebakaran di Sianjur Mula-mula

Kabid Kesmas Dinkes Sumut Hamid Rizal mengatakan, pembinaan Pokjanal bertujuan untuk mengintegrasikan layanan primer sehingga semua posyandu dapat memberikan layanan siklus hidup.

Ia meminta agar Kelompok kerja operasional kabupaten dapat mendorong dan memfasilitasi kebutuhan dalam pelaksanaan posyandu di Kabupaten Samosir dan berharap setiap kader memiliki 25 kompetensi yang mendukung kesuksesan program. (josner/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles