19 C
New York
Monday, October 7, 2024

Bulog Segera Tambah Pasokan Gula Pasir 2.000 Ton ke Sumut

Medan, MISTAR.ID

Perum Bulog Sumatera Utara (Sumut) menambah pasokan komoditi gula pasir di wilayah Sumut. Penambahan gula pasir ini ada sebanyak 2.000-an ton secara bertahap dari pusat.

“Saat ini stok gula pasir kita aman. Ada sekitar 100 an ton. Jadi masyarakat tak perlu khawatir. Kami juga minta tambahan pasokan ke pusat sekitar 2.000 ton lagi,” kata Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu, Rabu (27/9/23).

Untuk stok ini disebutkan Arif, akan masuk secara bertahap. Khusus Kota Medan, sekitar 500 ton gula pasir akan masuk dalam minggu ini.

“Minggu-minggu ini akan masuk gula pasir 500 ton ke Medan. Jadi masuknya secara bertahap ya,” jelas Arif.

Baca juga: Beras dan Gula Mahal, Dinas Koperasi dan UMKM Medan Bakal Gelar Sidak

Untuk Harga Eceran Tertinggi (HET) baru pada gula pasir disebutkannya sudah Rp14.500 per kg. Maka tak heran harga di pasaran kembali naik.

“Kalau kita di Bulog jual Rp13.500 per kg. Bisa didapatkan di pasar tradisional, toko-toko atau kios dan ritel modern. Selama operasi pasar yang digelar oleh Pemko Medan juga bisa didapatkan. Juga di Pasar Murah Keliling ya,” ungkap Arif.

Ditambahkannya, kenaikan harga gula pasir hampir sama dengan kenaikan harga beras saat ini yang secara global juga naik. Seperti diketahui, bahwa India tidak ekspo beras begitu juga dengan gula.

“Jadi secara global imbasnya. Ada perang Ukraina dan Rusia menyebabkan pupuk mahal. Ditambah fenomena El Nino Jadi terganggu semua. Tapi kita pastikan untuk gula di Sumut terpenuhi,” pungkasnya.

Baca juga: Bulog Siantar Tambah Stok Gula 75 Ton dan Dijual Komersial

Untuk diketahui, sepekan ini selain harga beras yang naik di tingkat konsumen, harga gula pasir juga mengikuti jejak harga beras. Memang kenaikan harga gula pasir tidak signifikan seperti kenaikan harga beras.

Kenaikan gula pasir ini tidak terlepas dari kenaikan harga gula di pasar global. Perkembangan harga rata-rata kebutuhan pokok di Sumut berdasarkan data dari Dinas Perindag, Energi dan SDM Provinsi Sumut untuk harga gula pasir tercatat naik 10,4% di atas Harga Acuan Penjualan (HAP) yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp13.500 per kg.

Tercatat untuk rata-rata harga gula pasir di Kota Indek Harga Konsumen (IHK) yakni Kota Medan, Pematang Siantar, Gunung Sitoli, Sibolga dan Padangsidimpuan dijual diharga Rp14.700 per kg.

Baca juga: Stok Gula Pasir Aman di Medan

Harga tertinggi tercatat di Madina dan Nias Selatan dengan harga Rp16.000 per kg dan harga terendah dijual di Langkat Rp13.833 per kg. Di Kota Medan, untuk tingkat konsumen sendiri harga sudah dijual Rp15.000 per kg. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles