23.4 C
New York
Sunday, August 4, 2024

Dikunjungi Bawaslu, Kapolres Simalungun Sampaikan Komitmen Polri Sukseskan Pemilu 2024  

Simalungun, MISTAR.ID

Pemantapan kerja sama untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan lancar, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Simalungun kunjungi Polres setempat, di Jalan John Horailam Saragih, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, pada Senin (25/9/23).

Dalam pertemuan itu, Kapolres, AKBP Ronald Sipayung menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi komitmen Polres Simalungun dalam mendukung suksesnya kegiatan pada 2024 tersebut.

“Di antaranya adalah penegakan netralitas anggota Polri selama Pemilu, pembahasan terkait Operasi Mantap Brata yang akan dimulai bulan Oktober mendatang, serta upaya Polres Simalungun dalam melaksanakan Sispamkota dan pengamanan selama hari H,” ujar Ronald.

Baca juga: Terkait Seleksi Anggota Bawaslu Sumut, DKPP Mulai Periksa Anggota Bawaslu RI

Dia berharap, tidak hanya pihak Kepolisian dan Bawaslu, tapi seluruh elemen masyarakat dan partai politik (parpol) dapat berperan aktif menjaga ketertiban dan berpartisipasi dalam menciptakan Pemilu yang jujur dan adil. Selain itu, Ronald juga menekankan pentingnya netralitas seluruh anggota Polri dalam pesta demokrasi tersebut.

“Jangan sampai ada anggota Polri memihak kepada salah satu parpol. Kerja kita adalah menjaga keamanan dan ketertiban, menciptakan situasi yang kondusif, sehingga Pemilu dapat berjalan dengan lancar,” tegas Kapolres.

Dirinya berharap, melalui sinergi dan kerja sama yang baik antara pihaknya dan Bawaslu, Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun dapat berjalan dengan aman, lancar dan berintegritas.

“Mari kita jadikan Pemilu 2024 ini sebagai Pemilu yang penuh integritas. Jangan sampai ada pihak yang mencoba mengganggu kejujuran dan keadilan Pemilu melakukan money politik atau tindakan-tindakan lain bertentangan dengan hukum,” tandas orang nomor 1 di Polres Simalungun ini.

Baca juga: Dana Pilkada Hanya Diakomodir Rp20 Miliar, Bawaslu Simalungun Akan Koordinasi ke Provinsi

Sementara itu, perwakilan Bawaslu Simalungun menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang telah terjalin dengan Kapolres.

Mereka juga menyampaikan beberapa hal penting terkait persiapan pesta demokrasi itu, termasuk pengaturan jalur kampanye bagi daerah-daerah yang sulit dijangkau melalui jalur darat.

Kedua pihak sepakat untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi, demi menciptakan Pemilu 2024 yang jujur dan adil. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles