8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

China Buat Peta Baru Laut, Malaysia Menolak Klaim Kedaulatan

Kuala Lumpur, MISTAR.ID

Setelah India, Pemerintah Malaysia menyampaikan protes terhadap langkah China yang membuat peta baru di wilayah maritim Negeri Jiran di Sabah dan Sarawak.

Langkah yang dilakukan China kini berbuntut panjang karena Laut China Selatan yang selama ini bertabrakan disuarakan oleh Malaysia.

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyatakan peta baru yang dirilis China pada 28 Agustus 2023 tersebut, menunjukkan klaim sepihak. Sebab, peta itu telah melewati wilayah maritim Malaysia di Sabah dan Sarawak berdasarkan Peta Baru Malaysia 1979.

Baca juga: China Pasang Tanda Navigasi di Laut China Selatan

“Mengenai permasalahan Laut Cina Selatan yang sebelumnya termasuk permasalahan demarkasi maritim, Malaysia secara konsisten menolak klaim kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksi pihak asing mana pun atas fitur maritim atau wilayah maritim negara kita berdasarkan Peta Baru Malaysia 1979,” demikian pernyataan Kemlu Malaysia, Kamis (31/8/23).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyan Jaishankar, dengan tegas mengatakan bahwa klaim yang dilakukan China ini tidak masuk akal.

“Membuat klaim yang tidak masuk akal atas wilayah India tidak menjadikan wilayah itu sebagai teritorial China,” ucap Jaishankar.(mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles