19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Acara HUT RI ke-78, Warga Rimo Bunga Soroti dan Protes Jalan Rusak Parah

Sidikalang, MISTAR.ID

Jalan penghubung Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang dengan Desa Sitinjo 1, Kecamatan Sitinjo saat ini kondisinya rusak parah, berlubang-lubang bak kubangan kerbau.

Kondisi itu pun menjadi sorotan dan bahan protes warga yang sedang menyaksikan semarak hiburan rakyat di peringatan HUT RI ke-78 yang digelar di Lingkungan IV, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis(17/8/23).

Warga menyoroti Pemerintah Kabupaten Dairi yang dinilai seakan tidak ada perhatian dan kepedulian terhadap jalan rusak tersebut.

Rinto Sinaga, didampingi warga Bintang Hulu lainnya mengatakan, mereka sangat prihatin dengan kondisi jalan rusak parah itu.

Baca Juga: Pengerjaan Molor, Jalan Rusak di Rakutta Sembiring Timbulkan Korban Jiwa

“Dibuktikan dengan acara HUT RI ke-78 hari ini, untuk mendukung semarak HUT RI, warga berswadaya dan gotong-royong juga patungan membeli material sirtu untuk memperbaiki sejumlah titik jalan rusak dengan tambal sulam,” katanya.

Namun demikian, Rinto Sinaga dan Sugito Purba selaku Ketua Panitia acara Semarak HUT RI ke-78 mengaku, kondisi jalan yang begitu parah, tidak mengurangi dukungan semangat warga berpartisipasi dalam acara dimaksud.

Ia menjelaskan, gotong-royong perbaikan jalan rusak merupakan sumbangsih para tokoh-tokoh masyarakat, pengusaha, yang menyumbangkan puluhan dump truk material sirtu untuk menambal sulam jalan rusak.

Warga juga mengklaim, kondisi jalan rusak parah itu sudah berlangsung cukup lama. Penyebab utama kerusakan diduga tak luput karena jalan tersebut menjadi jalur alternatif Sidikalamg -Medan setelah Jalan Nasional Sidikalang-Medan Km 6-7 di Desa Sitinjo II Panji Bako, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, putus total pada 6 Januari 2021 lalu.

Baca Juga: Warga Hutabayu Raja Mengeluh, Bertahun Jalan Rusak Parah Dibiarkan Pemkab Simalungun

Warga berharap, setelah keluhan mereka disampaikan lewat media, Pemerintah Kabupaten Dairi mau memperhatikan dan segera melakukan perbaikan jalan rusak yang panjangnya lebih kurang 1 kilometer.

Sementara itu, kegiatan Semarak HUT RI ke-78 Rimo Bunga terlihat sangat meriah dengan ragam kegiatan hiburan rakyat, seperti panjat pinang dewasa dan remaja, lomba kelereng, tarik tambamg dan permainan hiburan lainnya yang melibatkan, balita, anak SD, SMP, dewasa, orangtua, ibu-ibu dan lansia sebagai peserta. Seluruh bagi pemenang lomba juara 1,2,3 serta 4 mendapat hadiah. (Manru/hm22)

Related Articles

Latest Articles