16.4 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Dilaporkan ke Mabes Polri, Kadis PUTR Simalungun Santai Menanggapi

Simalungun, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Simalungun, Hotbinson Damanik dan Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga dilaporkan Institute Law And Justice (ILAJ) ke Mabes Polri atas kasus dugaan korupsi.

Dalam hal ini, ILAJ pun menduga ada tindak pidana korupsi terjadi di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Simalungun yang dipimpin oleh Hotbinson Damanik sebagai Kepala Dinas Kadis.

Lewat keterangan tertulis ILAJ, pada Sabtu (29/7/23), adapun dugaan korupsi itu terkait lebih bayar dan kurangnya volume pada pengerjaan sejumlah titik jalan di Kabupaten Simalungun. Serta peningkatan jalan di Marihat Butar, Kecamatan Bosar Maligas senilai Rp 731.488.836.

Baca juga: Dugaan Korupsi Dinas PU Simalungun Dilaporkan ke Mabes Polri, Pemkab: Kita Ikuti Prosesnya

Perihal dirinya dan Bupati yang dilaporkan, ditanggapi santai oleh Hotbinson. Menurutnya, jalan itu masih bagus dan telah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Yang dikerjakan itu masih bagus. Dan itu sudah diaudit oleh BPK juga. Kalau laporan (ke Mabes Polri) kan tidak bisa kita halangi,” ujar Hotbinson, pada Senin (31/7/23).

Sementara itu, adapun pembangunan jalan lain yang diduga ILAJ terjadi korupsi yakni, proyek pelebaran Jalan Saribudolok-Sinar Baru, Kecamatan Silimakuta senilai Rp 151.515.324.

Baca juga: Pemkab Simalungun Segera Perbaiki Jalan Besar Sidamanik

Lalu, peningkatan Jalan Haranggaol-Sosmh Salbe, Kecamatan Haranggaol Horison senilai Rp 790.033.375 dan Jalan Simpang Gajapokki-Sipolin, Kecamatan Purba Rp 325.467.901.

Berikutnya, Jalan Simpang Pangalbuan-Kariahan, Kecamatan Raya Purba senilai Rp 844.616.860, Jalan Sordang Bolon, Kecamatan Ujung Padang Rp 260.160.476 dan Jalan Hibah KSPN Danau Toba, Kabupaten Simalungun Rp 401.445.159.

“Ya itu lah dugaan. Kan belum ada hasil atau angka ril nya. Ya sudah biar lah dilaporkannya, hak dia melapor. Gak bisa juga kita larang kan,” ungkap Hotbinson lagi.

Baca juga: Pemalsuan Tanda Tangan Mantan Rektor dan Dekan FE USI Tidak Dibawa ke Ranah Hukum, ILAJ Duga Ada Persekongkolan

Dikatakan, terkait jalan itu kondisinya masih bagus. “Yang pasti, kalau ditanya kerjaan itu masih bagus, bisa dicek,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Sekretariat Pemkab Simalungun, Franky Purba menyampaikan, pihaknya belum mengetahui kabar dari laporan tersebut. “Belum tau saya info itu bang,” katanya singkat.(hamzah/hm16)

Related Articles

Latest Articles