19.6 C
New York
Wednesday, August 21, 2024

LPG 3 Kg Langka di Sumut, Pertamina Tambah Stok 207 Ribu

Medan, MISTAR.ID

Seiring dengan keluhan warga terkait kelangkaan LPG 3 kg di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut), PT Pertamina Patra Niaga akhirnya menambah stok hingga 50%
“Ada sebanyak 207 ribu tabung yang kita tambah untuk 16 kabupaten/kota di Sumut. Untuk di Medan sekitar 45 ribuan tabung. Recovery (pemulihan) kelangkaan stok ini segera dilakukan. Di Deliserdang sudah dilakukan pekan lalu sebanyak 7.500 tabung,” kata Area Manager Komunikasi dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria, Selasa (25/7/2023).
Menurutnya, penambahan pasokan di luar daerah Medan sengaja disalurkan agar tidak mengalami kelangkaan sekaligus untuk menghindari peralihan dari Medan dan Deliserdang ke daerah-daerah lain.

Baca juga: Pertamina Pastikan Stok LPG Aman dan Operasi Penyaluran Normal

“Kembali kami tekankan bahwa stok saat ini dalam kondisi aman. Untuk itu masyarakat tidak perlu panik. Beli seperlunya. Jika nantinya pasokan tambahan disalurkan lewat pangkalan-pangkalan, kami harapkan tidak panic buying,” jabarnya.

Sejauh ini Satria mengaku telah berkoordinasi dan diskusi dengan Pemko Medan untuk turut serta melakukan pengawasan untuk penyaluran LPG 3 kg ini begitu juga aparat dan penegak hukum. Termasuk meminta bantuan dari media untuk memantau penyaluran ini bagaimana di lapangan.

“Kita juga telah membuat inisiatif untuk menerapkan penggunaan subsidi tepat seperti yang dilakukan pada penyaluran BBM bersubsidi jenis Solar. Saat ini tahapannya sedang registrasi pangkalan dan sudah mencapai 70 persen. Juli ini target
sudah 100 persen,” ungkapnya.

Baca juga: LPG 3 Kg Sulit di Medan, Pertamina: Penyaluran Sudah Over Kuota Sekitar 3%

Sehingga dengan pendataan ini yang bisa mendapatkan LPG 3 kg hanya masyarakat yang terdaftar di data pemerintah (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial/DTKS).

“Bagi yang tidak terdaftar tidak bisa diinput oleh pangkalan dan disampaikan ke kita. Ini supaya kita tahu sama-sama konsumennya dari LPG 3 kg siapa saja,” bebernya.

Sejauh ini untuk pengkalan memang terus bertambah untuk di Kota Medan saja ada sekitar seribu pangkalan. Sehingga dalam pengawasan juga terbatas.

Baca juga: Pertamina Pastikan Tidak ada Kelangkaan LPG 3 Kg di Sumut

“Memang kita banyak mendengar aduan atau informasi bahwa banyak warung-warung yang telah memiliki langganan penyaluran LGP 3 kg ini tapi bukan berarti kami lepas tangan sebab bila ada temuan kita langsung sampaikan ke agen karena binaan agen. Kalau informasi valid maka akan kita tindak lanjuti dengan pemotongan jatah untuk beberapa bulan ke depan. Maka saat ini dibutuhkan inovasi yakni subsidi tepat tadi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, masyarakat di wilayah Medan dan beberapa wilayah lainnya mengeluh akan kelangkaan LPG 3 kg beberapa hari ini. Ada dijumpai di eceran harga sampai menyentuh Rp30 ribu per tabung dimana harga ini diatas harga HET yang Rp16 ribu per tabung. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles