17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Aceh Sambut 1 Muharram Dengan Tausiyah di Masjid Raya Baiturrahman

Banda Aceh, MISTAR.ID

Pemerintah Aceh tidak lagi melakukan pawai untuk menyambut 1 Muharram, atau tahun baru Islam 1445 Hijriah. Sebaliknya, mereka memberikan tausiyah langsung di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada hari Selasa (18 Juli 23).

Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Saifan Nur mengatakan, “Pawai masih kita tiadakan, kemudian memperingati 1 Muharram ini kita laksanakan dengan mendengar tausiyah di dalam Masjid Raya.”

Saifan menjelaskan bahwa tausiyah dilakukan setelah shalat magrib sampai setelah shalat isya berjamaah. Dia juga mengatakan bahwa memperingati dengan mendengar ceramah juga lebih baik.

Dia berkata, “Mungkin karena momen tahun baru Islam, maka alangkah baiknya memperingatinya dengan mendengar tausiyah.”

Di ibu kota provinsi Aceh, pawai biasanya dilakukan untuk menyambut tahun baru Islam. Namun, karena pandemi COVID-19, kegiatan tersebut dihentikan hingga tahun ini.

Meskipun demikian, Saifan menyatakan bahwa kegiatan pawai 1 Muharram dapat dilakukan kembali tahun depan jika kondisi telah membaik.

Baca juga : Ini 15 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H, Bisa Dipasang Foto Kamu yang Keren

Untuk pawai, kami berharap baru akan dilakukan tahun depan. Dia menyatakan bahwa, sejak awal pandemi COVID-19, pawai Idul Adha adalah satu-satunya acara yang dilakukan.

Saifan juga mengajak orang Aceh, terutama mereka di Banda Aceh dan Aceh Besar, untuk menghadiri ceramah 1 Muharram bersama di Masjid Raya Baiturrahman pada kesempatan ini.  (Antara/hm19)

 

Related Articles

Latest Articles