19 C
New York
Sunday, October 6, 2024

DLH Siantar Canangkan Program Budaya Gotong Royong

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Pihak Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mencanangkan program gotong royong sebagai bentuk menghidupkan kembali budaya tersebut. Seperti disampaikan Kepala DLH, Dedy Tunasto Setiawan.

“Kita bergotong royong. Ini perintah dari Ibu Wali Kota agar dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Jadi agenda rutin,” ujar Dedy yang dikonfirmasi mistar.id saat bergotong royong di Jalan TB Simatupang Kelurahan Sigulang-gulang Kecamatan Siantar Utara, pada Jumat (7/7/23) kemarin.

Kedepannya, kata Dedy, kegiatan kebersihan bersama akan melibatkan semua kader lingkungan yang sudah terbentuk di kelurahan.

“Jadi nantinya, setiap Jumat pagi masyarakat akan bergotong royong bersama OPD (Organisasi Perangkat Daerah),” tambahnya.

Baca juga: Melalui Gotong Royong, Gubuk Seorang Nenek di Simalungun Dibangun Dermawan

Program ini rencananya akan diberi nama Jumpa Lisa.

“Kepanjangannya Jumat pagi lihat sampah ambil. Mudah-mudahan melalui kegiatan rutin masyarakat bersama seluruh OPD nantinya dapat menghidupkan kembali budaya gotong royong di Siantar,” bebernya.

Diceritakan Dedy, kegiatan kebersihan di Jalan TB Simatupang dilaksanakan bersama kader lingkungan DLH yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat Marsiurupan.

Baca juga: Melalui Gotong Royong, Gubuk Seorang Nenek di Simalungun Dibangun Dermawan

“Marsiurupan sudah membudidayakan Magot BSF untuk pakan ternak, eco enzym, dan membuat pupuk organik cair,” ungkapnya. (Ferry/hm20)

Related Articles

Latest Articles