23.3 C
New York
Monday, August 26, 2024

Dinkes Siantar: Dua Penyakit Ini Harus Diwaspadai di Musim Hujan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Pematang Siantar Johanes Sihombing menegaskan, ada dua jenis penyakit yang bisa berkembang di masa musim penghujan.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar selalu meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, beberapa penyakit akan lebih cenderung mudah menular di musim ini. Terlebih lagi bila hujan yang mengguyur menyebabkan banjir di suatu lokasi pemukiman masyarakat.

“Dua jenis penyakit itu yakni Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD),” ujar Johanes, Kamis (27/10/22).

Baca Juga:Kasus DBD Meningkat, Dinkes Minta Masyarakat Tetap Waspada

Selain kedua penyakit tersebut, Johanes menyarankan agar warga Siantar selalu menjaga kesehatan saat musim hujan seperti saat ini.

“Untuk pencegahan penyakit ISPA, masyarakat dapat menjaga kondisi fisik tubuh tetap sehat dengan makan dan minuman yang sehat dan bergizi, cukup istirahat serta olahraga teratur. Teruntuk DBD masyarakat dapat memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat. Laksanakan 3 M plus seperti mengubur, mengurah dan menutup wadah yang dapat menampung atau genangan air,” pungkasnya. (hamzah/hm12)

Related Articles

Latest Articles