22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Dosen UNIMED Serahkan Elang Bondol ke BKSDA Sumut

Medan, MISTAR.ID

Warga yang peduli dengan pelestarian satwa liar semakin bertambah. Surya Dharma, salah seorang dosen di UNIMED menyerahkan satu ekor Elang Bondol (Haliastur Indus) ke Kantor BKSDA Sumut, Senin (2/8/21) lalu.

Surya mengatakan, satwa liar ini diperolehnya di halaman rumah dalam keadaan keadaan lemas, Jumat (30/7/21). Karena kepeduliannya terhadap nasib satwa liar tersebut, Surya kemudian mencari informasi kepada rekannya sesama dosen.

Akhirnya, informasi didapatkan dari temannya Meilinda Suriani Harefa. Meilinda merupakan Kader Konservasi Alam Nasional binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Baca Juga:BKSDA Sumut Lepasliarkan Satwa Liar ke Suaka Margasatwa Siranggas Pakpak Bharat

Meilinda kemudian menyarankan untuk menyerahkan satwa tersebut kepada institusi Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

“Benar, ada kita terima satu ekor satwa dilindungi berupa Elang Bondol dari salah seorang akademisi pada Senin lalu,” ujar Humas BKSDA Sumut Handoko Hidayat, Kamis (5/8/21).

Handoko mengatakan, saat ini Elang Bondol telah dititipkan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk mendapatkan perawatan medis serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan kembali ke alam.

Baca Juga:Didampingi Personil Polres Binjai, BKSDA Sumut Evakuasi Satwa Dilindungi

“Apresiasi dan penghargaan kita berikan kepada Surya Dharma yang telah menunjukkan kepeduliannya. Semoga ini menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk ikut peduli terhadap nasib satwa liar,” ucap dia.

Handoko mengingatkan, sudah saatnya warga untuk ikut peduli terhadap kelestarian satwa liar. Apabila mengetahui informasi tentang satwa liar, segera menghubungi Call Center pada nomor 085376699066.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles