23.5 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Dinamika Pilkada Sumut 2024, Pengamat: Tidak Ada Makan Siang Gratis

Medan, MISTAR.ID

Bupati Asahan, Surya diusulkan Partai Golkar menjadi bakal calon Wakil Gubernur (cawagub) Sumatera Utara (Sumut) untuk mendampingi bakal calon Gubernur (cagub) Bobby Nasution dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut 2024.

Pengusulan cawagub tersebut belum final, sebab Partai Demokrat dan PKB masih menunggu keputusan resmi terkait pengusungan tersebut. Hal ini membuat publik berspekulasi koalisi 7 partai politik (parpol) yang mendukung Bobby belum solid.

Pengamat politik, Emrus Sihombing mengatakan sepanjang tidak ada titik temu kepentingan mereka, sepanjang itu koalisi akan dinamis.

Baca juga : Pilkada Sumut: Petahana vs Menantu Presiden Bakal Dinamis

“Seperti kita lihat pada saat Pilpres kemarin, sejak awal PKB sudah merapat ke Prabowo tetapi tiba-tiba di akhir mereka mengusung Anies dan Muhaimin,” ujarnya saat dihubungi mistar.id, Kamis (25/7/24).

Hal serupa, lanjut Emrus, bisa saja terjadi pada Pilkada Sumut. Karena semua memang masih sangat dinamis. Bagi Emrus, politik di Indonesia, khususnya dalam pengusungan paslon, sangat transaksional dan sangat pragmatis, bukan atas dasar ideologis.

“Karena itu nanti kita akan lihat, sebelum ada ketetapan segalanya bisa berubah,” sebutnya.

Related Articles

Latest Articles