13.8 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Wagub Sumut Inginkan APRC Danau Toba 2023 Dilengkapi Tribun Penonton yang Nyaman

Medan, MISTAR.ID

Persiapan dua seri Asia Pasific Rally Championship (APRC) Danau Toba 2023 diharapkan harus lebih maksimal. Khusus masyarakat agar bisa menonton dengan lebih nyaman di tribun yang disiapkan. Apalagi, APRC kali ini menghadirkan Super Special Stage (SS) di lintasan Aek Nauli dengan track sepanjang 2,5 Km.

Pernyataan di atas disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah saat memimpin rapat persiapan dua seri APRC Danau Toba 2023, Kamis (27/7/23) bersama Pemerintahan Sumatera Utara, IMI Sumut dan Toba Pulp Lestari (TPL).

Dua seri tersebut di antaranya APRC Asia Cup Round 3 yang akan berlangsung 22-23 September dan APRC Grand Final yang akan berlangsung pada 24-26 November di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun.

Baca juga: Hasil APRC Danau Toba 2022: Rifat Sungkar Kampiun, Musa Rajekshah Peringkat Kedua

“APRC ini event internasional dan kita mau menuju kejuaraan dunia. Jadi, persiapan harus matang. Tahun ini ada Super Special Stage dengan tribun penonton, masyarakat akan lebih mudah menonton seperti sirkuit. Jadi nanti startnya pembalap itu sekali berdua. Ini kita buat untuk meng-entertain, mengedukasi para pecinta otomotif khususnya rally, kalau sebelumnya mereka cuma bisa melihat dari lintasan yang nampak mungkin cuma satu atau dua tekongan tapi di sini bisa kelihatan semua,” terangnya.

Untuk memastikan kenyamanan atau mengatur kapasitas penonton, lanjut Ijeck, panitia memberlakukan tiket masuk di Super SS. Sementara itu penonton yang tidak kedapatan tiket atau ingin melihat pembalap di lintasan SS masih bisa melihat secara gratis seperti biasa. Sebab persiapan di Super SS juga akan jauh lebih sulit dari lintarasn terbuka atau SS.

Berkaca dari pengalaman bahwa penonton bukan hanya dari Danau Toba saja tetapi dari kabupaten lainnya bahkan luar sumut. Maka, panitia akan membuat kutipan tiket agar lebih nyaman dan teratur.

Baca juga: Sumut Mulai Persiapan Menuju Kejurnas Rally dan APRC

“UMKM juga kita buat tempatnya lebih tertata rapi,” katanya sembari mengatakan di APRC Danau Toba putaran terakhir November ini rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Super SS ini, lanjut Ijeck, kedepan bisa dijadikan kejuaraan off road lainnya, baik roda empat dan roda dua. Sebab Sumut pernah mendapat tawaran kejuaraan dunia motor cross. Namun belum ada kesiapan sehingga event akhirnya dialihkan ke Nusa Tenggara Barat yang ambil dua seri tersebut dan penontonnya juga jauh lebih ramai.

Baca juga: Dukung Destinasi Wisata Super Prioritas, TPL Support Kejurnas Danau Toba Rally 2023

Dalam kesempatan itu, Direktur TPL Anwar Lawden menyampaikan pihaknya telah menerima desain sirkuit untuk Super SS APRC mendatang dari IMI.

“Akan kita pelajari dan bahas apakah nanti ini biayanya dari CSR atau operasional. Intinya kami siap mendukung semaksimal mungkin hingga WRC nanti bisa hadir. Karena ini sebagai corong dalam mendukung pariwisata dan peningkatan ekonomi di Sumatera Utara,” katanya didampingi Humas Norma. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles