14.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Saraf Mata Marquez Lumpuh

Jakarta, MISTAR.ID

Marc Marquez dikhawatirkan kembali menjalani operasi mata setelah mengalami diplopia atau kelumpuhan saraf mata menjelang MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (14/11/21) mendatang.

Kelumpuhan saraf mata itu merupakan buntut dari gegar otak yang dialami Marquez usai kecelakaan dalam latihan motor trail sebelum MotoGP Algarve Portugal. Dengan mengalami diplopia, Marquez bisa kembali menjalani operasi mata seperti yang dilakoni pada 2011 silam.

Diplopia atau penglihatan ganda ini juga pernah dirasakan Marquez pada 2011 saat masih tampil di Moto2. Dikutip dari media, Rabu (10/11/21) insiden itu terjadi usai kecelakaan sesi latihan di Moto2 Malaysia 2011 di Sirkuit Sepang. Akibat kecelakaan itu Marquez absen dalam dua balapan terakhir, Moto2 Malaysia dan Moto2 Valencia.

Baca Juga:Valentino Rossi Ungkap Marc Marquez Lawan Tersulit Sepanjang Karier

Tidak saja absen dalam dua balapan terakhir yang membuatnya gagal juara dunia karena direbut Stefan Bradl, Marquez juga harus menjalani operasi mata dua bulan setelah kecelakaan.

Setelah berkonsultasi dengan berbagai spesialis, manajer Marquez saat itu Emilio Alzamora bertemu dengan dr Bernardo Sanchez Dalmau di Hospital Clinic de Barcelona. Setelah merawat Marquez, Sanchez Dalmau akhirnya mengoperasi The Baby Alien pada 16 Januari 2012. Marquez baru kembali muncul ke lintasan dua bulan kemudian dengan melakoni tes secara pribadi di Portimao, Portugal.

Program berikutnya bagi Marquez ketika itu berlanjut ke tes resmi di Jerez, 21-21 Maret 2012, dan tampil di Moto2 Qatar 2012 dan mengalahkan Andrea Iannnone. Pada Moto2 2012 silam Marquez jadi juara mengalahkan rekan setimnya saat ini, Pol Espargaro. Meski mengalami cedera yang sama dengan 10 tahun silam, Marquez mengaku tetap menyikapi dengan positif.

“Kami membutuhkan kesabaran. Tetapi, jika saya harus belajar satu hal, (yaitu) menghadapi kesulitan dengan positif. Terima kasih atas dukungan Anda,” ujar Marquez melalui cuitan di Twitter. (cnn/hm12)

Related Articles

Latest Articles