25.7 C
New York
Wednesday, July 3, 2024

Persaingan Ketat, PODSI Sumut Siap Meraih Emas di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumut targetkan 1 medali emas. Hal ini disampaikan Wakil Ketua Pengprov PODSI Sumut Wendri di Posko Publikasi PON 2024, Medan pada Selasa (20/6/23).

Ia juga mengatakan persaingan di cabang olahraga dayung di PON 2024 akan berlangsung dengan ketat. Dominasi diprediksi akan dipegang Jawa Barat, Jambi, Sumsel dan Riau.

“Ini yang harus diwaspadai dan tentunya persiapan harus lebih kita maksimalkan,” kata Wendri kepada Mistar.id, Selasa (20/6/23).

Baca juga: Meski Tempat Latihan Kurang Memadai, PCI Sumut Optimis Raih Emas PON 2024

Persaingan yang ketat, memaksa Podsi Sumut targetkan hanya satu medali emas di PON mendatang lewat kelas dragon boat 1.000 meter. Selain emas cabor dayung juga menargetkan 1 medali perunggu dan perak.

“Medali emas kita optimis raih dari nomor dragon boat 1.000 m. Sedangkan medali perak juga dari dragon boat atau kano putri dan perunggu dari kayak putra,” katanya.

Skuad dayung Sumut yang berasal dari prajurit TNI AL dari Korps Marinir berjumlah 14 orang. Atlet dayung tersebut kini sedang berkonsentrtasi melakukan latihan di Markas Batalyon Infanteri 8 Marinir di Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat.

Baca juga: Siapkan 13 Atlet, IODI Sumut Targetkan Juara Umum PON 2024  

“Prestasi mereka saat ini juara 1 tingkat TNI/Polri. Mereka juara 5 kejurnas PB PODSI yang diadakan di Karawang, Jawa Barat tahun 2022. Tim ini TC langsung di Markas Yon 8 Pangkalan Brandan, jaraknya sampai ke laut ada 20 km. Mereka latihan setiap harinya dengan perahu Champion,” jelasnya.

Pengawas Pendamping (Wasping) cabang dayung dari KONI Sumut, Fahri Nasution mengatakan, saat ini atlet terus fokus latihan secara intensif demi hasil maksimal nantinya di PON.

“Saat ini atlet masih pemula, beberapa sudah berprestasi. Khusus dragon boat memang ada sudah banyak menjuarai. Mudah-mudahan kita bisa berprestasi, tapi kita tidak berani berandai-andai dulu, sampai nanti Desember dayung hitung-hitungan soal medali,” katanya. (Andreas/hm21).

Related Articles

Latest Articles