18.7 C
New York
Sunday, June 2, 2024

Perbakin Sumut Berniat Ukir Sejarah, ‘Bidik’ Emas di PON 2024

Medan, MISTAR.ID

Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Sumatera Utara ingin mengukir sejarah dengan meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut mendatang.

Pelatih, Adriyanto mengatakan, Perbakin Sumut belum pernah mendapat emas di PON. Karena itu, pihaknya ingin menyumbang emas untuk Sumut, sekaligus mengukir sejarah.

Menurut Adriyanto, prestasi terakhir cabang olahraga (cabor) menembak, Sumut meraih medali perunggu di PON Papua lalu.

Baca juga: Taekwondo Sumut Targetkan 4 Emas PON 2024

“Saat di Papua, kita hanya mengirim 3 orang atlet saja dan membawa pulang perunggu dari nomor mix air pistol,” kata Adriyanto saat dikonfirmasi mistar.id, pada Kamis (27/7/23).

Pada kesempatan kali ini, Sumut berstatus sebagai tuan rumah, sehingga tidak perlu lagi mengikuti kualifikasi PON alias berstatus wild card. Perbakin Sumut akan mengirim sebanyaknya atlet demi target meraih emas, dimana menembak ini akan dipertandingkan di Aceh.

“Sesuai dengan arahan Ketua Perbakin Sumut, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin), kita akan mengirimkan atlet sebanyak-banyaknya. Apalagi kita berstatus wild card,” ujar Adriyanto.

Baca juga: Berbekal Pengalaman, Cabor Bela Diri Jadi Unggulan Sumut di PON 2024 Nanti

Saat ini Perbakin Sumut memiliki 33 atlet yang sudah menjalani pemusatan latihan daerah (pelatda). Sebanyak 30 atlet di antaranya merupakan asli putra daerah. Sedangkan 3 atlet lainnya merupakan atlet transfer dari Jakarta, serta dibantu 3 orang pelatih.

“Atlet-atlet Pelatda kita berprofesi sebagai personil TNI-Polri. Namun ada juga yang masih mahasiswa dan pelajar,” sebut Adriyanto.

Ia juga mengatakan, ketiga atlet transfer itu sudah dikirimkan sejak 2 tahun lalu dan sesuai dengan regulasi yang ada.

Baca juga: Taekwondo Sumut Targetkan 4 Emas PON 2024

Dari 35 nomor yang dipertandingkan dengan mengirimkan 33 atlet,  Perbakin Sumut targetkan meraih 3 emas, 3 perak, dan 4 perunggu. Dimana yang dipertandingkan itu, yaitu 17 nomor kelas putra, 14 nomor kelas putri, 3 nomor campur dan 1 nomor terbuka

Saat ini para atlet rutin menjalani latihan setiap hari kecuali hari Minggu, di Lapangan Tembak Perbakin Sumut di Jalan Beringin Raya (Gaperta), Kota Medan. (andreas/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles