11.4 C
New York
Saturday, May 4, 2024

OWS PON 2024 di Danau Toba, Dispora Simalungun: Venue Masih Proses Perencanaan

Simalungun, MISTAR.ID

Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Sumut akan memperlombakan 34 cabang olahraga (cabor), di mana pemkab/pemko bakal bertanggungjawab atas delapan venue.

Cabor yang akan diperlombakan di venue menjadi tanggung jawab pemkab dan pemko di antaranya balap sepeda, gulat dan bola voli.

Untuk cabor akuatik dan ski air akan diperlombakan di Danau Toba dengan penanggungjawab venue Pemkab Toba dan Simalungun.

Baca Juga: Menpora Sebut Atlet Bulutangkis Terlalu Capek Penyebab Gagal Raih Medali

Terkait cabor akuatik dengan nomor pertandingan renang perairan terbuka yang berlokasi di Danau Toba, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Simalungun menanggungjawabi venue Open Water Swimming (OWS) atau Renang Perairan Terbuka.

“Soal venue OWS itu kan digunakan di 2024. Untuk saat ini masih dalam tahap peroses perencanaan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Dispora, Robby Sinaga, Rabu (11/10/23).

Olahraga air seperti Open Water Swimming atau Renang Perairan Terbuka di Danau Toba akan dilaksanakan di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Baca Juga: Sajian Data dan Fakta MotoGP Mandalika 2023  

“Kalau gambaran itu nantinya akan dilaksanakan di sekitaran Pantai Bebas, Parapat. Tapi persisnya kita tunggu keputusan dan tim Technical Diligent dari pusat,” katanya lagi.

Terkait teknis lainnya, Robby Sinaga menjelaskan, bahwa Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini tengah membangun venue di Batang Kuis yang dekat dengan Bandara Kuala Namu.

“Kalau kabupaten lainnya (seperti Simalungun) hampir-hampir sama lah dalam tahap peroses perencanaan lah rata-rata. Cabang olahraga yang nantinya diperlombakan itu dan kalau nama cabangnya itu renang kalau bidangnya akuatik,” pungkasnya. (Hamzah/hm22)

Related Articles

Latest Articles