14.6 C
New York
Friday, May 3, 2024

Jorge Martin Start Terdepan di MotoGP Amerika Serikat 2022

Austin, MISTAR.ID

Pembalap tim satelit Pramac Ducati Jorge Martin akan start terdepan setelah berhasil merebut pole position dalam kualifikasi MotoGP Amerika Serikat. Pada sesi Q1 yang dihelat di Circuit of The Americas, Minggu (10/4/22) dini hari WIB, pemenang seri Argentina sekaligus pemuncak klasemen MotoGP Aleix Espargaro bernasib sial.

Di sisa tiga menit sesi tersebut, pembalap Aprilia itu terjatuh di turn 8 dan harus menghentikan kualifikasi lebih cepat. Alhasil, dia cuma berada di posisi ke-13 saat start besok. Tak cuma Aleix, rekan setimnya Maverick Vinales juga gagal melaju ke Q2 karena cuma ada di posisi ke-14. Pada sesi ini, Jorge Martin dari Pramac Ducati jadi yang tercepat untuk lolos ke Q2 bersama rider Suzuki Alex Rins.

Ketika Q2 dimulai, Ducati langsung tancap gas dengan menempatkan Jack Miller, Franceso Bagnaia, dan Martin di posisi tiga teratas. Fabio Quartararo coba mengalahkan waktu ketiga pesaingnya itu pada percobaan pertama. Sial untuk sang juara dunia, motornya terjatuh di tikungan ke-19 dan bergegas ke paddock Yamaha untuk berganti motor. Saat terjatuh Quartararo ada di posisi ketujuh.

Baca juga: Come Back di MotoGP Amerika, Marquez Anggap Kecelakaan di Mandalika Misteri

Begitu tiba di paddock, Quartararo langsung menaiki motor untuk memperbaiki catatan waktunya. Tak cuma Quartararo, Enea Bastianini juga sempat terjatuh sebelum bangkit lagi untuk melanjutkan sesi kualifikasi. Di sisa dua menit, Bagnaia sementara merebut posisi pole dengan catatan 2 menit 2,167 detik. Miller lantas berhasil menyalip rekan setimnya itu dengan 2 menit 2,042 detik.

Namun, Jorge Martin menyodok ke posisi terdepan di akhir kualifikasi dengan 2 menit 2,039 detik, unggul 0,003 detik!. Ducati mendominasi kualifikasi ini karena dua pebalap lainnya, Johann Zarco dan Bastianini, juga ada di lima besar. Quartararo akhirnya harus puas start dari posisi keenam disusul Alex Rins, Joan Mir, Marc Marquez, dan Takaaki Nakagami. Marquez untuk pertama kalinya gagal meraih pole di Austin. (detik/hm09)

Related Articles

Latest Articles